Makna Kemerdekaan Bagi Andien Aisyah di HUT RI ke-75

Ruben SilitongaRizky Mulyani diperbarui 17 Agu 2020, 22:30 WIB
Bicara soal makna kemerdekaan, yang terlintas dalam benaknya adalah sebuah proses panjang. Menurutnya, menuju puncak merdeka tak lepas dari perjuangan dalam proses yang panjang. (Instagram/andienaisyah)
"Kalau bicara kemerdekaan, satu yang terlintas di benakku adalah sebuah proses. Karena yang namanya kemerdekaan yang pastinya nggak akan diraih tanpa proses panjang banget. Di mana kita memperjuangkan kemerdekaan ini," katanya. (Instagram/andienaisyah)
Andien mengatakan, kemerdekaan adalah hak setiap orang di dunia ini. Meskipun sekarang ini banyak hal yang membatasi diri hingga akhirnya banyak proses yang dilalui untuk kemerdekaan sendiri. (Instagram/andienaisyah)
"Memang yang namanya kemerdekaan itu adalah hak bagi setiap orang, tapi di dunia seperti sekarang ini di mana kita dibatasi oleh berbagai macam hal termasuk limitasi diri kita sendiri. Akhirnya kita banyak melalui proses kemerdekaan diri kita sendiri," katanya. (Instagram/andienaisyah)
Tentang sebuah proses, Andien pun yakin tidak mudah untuk melaluinya. Setiap orang pasti mengalami yang namanya jatuh bangun. Setiap orang juga pastinya belajar dari sebuah kesalahan di masa lalu. (Instagram/andienaisyah)
"Aku percaya yang namanya proses melalui jatuh bangun, nggak mungkin bangun terus tanpa jatuh. Nggak mungkin kita bisa berdiri tegak tanpa belajar dari kesalahan di masa lalu," jelasnya. (Instagram/andienaisyah)
"Dan aku rasa ketika kita bisa sampai ke suatu titik bisa tersenyum adalah kita bisa ikhlas menerima, kalau di belakang sebagai suatu pembelajaran buat kita," pungkas Andien Aisyah. (Instagram/andienaisyah)