3 Tips dari Dion Wiyoko untuk Hasilkan Foto yang Instagrammable

Ruben SilitongaRizky Mulyani diperbarui 07 Sep 2020, 08:53 WIB
Awal mula Dion menyukai fotografi, ia hanya menggunakan ponsel untuk menangkap objek yang menarik untuknya. Ia pun mempelajari tekniknya dari tayangan yang banyak muncul di internet. (Instagram/dionwiyoko)
"Belajar fotografi awalnya dari handphone dulu. Belajar trik-trik fotografi dari internet, YouTube, dan semuanya bisa dipelajari dengan otodidak,” ungkap Dion di event virtual bertajuk YOUVIT Online Master Class Fotografi pada Sabtu (5/9/2020). (Instagram/dionwiyoko)
Nah, untuk tipsnya, pertama menurut Dion bisa meniru beragam cara dari internet. Nantinya lama kelamaan setiap orang memiliki karakternya masing-masing saat memotret. Terpenting adalah terus berlatih. (Instagram/dionwiyoko)
“Awalnya, bisa kita tiru dari cara-cara di internet, tetapi lama-kelamaan pasti kita akan mendapatkan karakter kita sendiri saat memotret. Berlatih terus, jangan memikirkan hasil akhirnya dulu, tetapi nikmati prosesnya," ujar Dion. (Instagram/dionwiyoko)
Kedua, dalam memotret pun harus memperhatikan waktu. Menurut Dion, siang hari adalah waktu yang sebaiknya dihindari. Pencahayaan yang bagus bagi Dion pun terjadi saat sore menjelang malam hari. (Instagram/dionwiyoko)
"Kalau siang biasanya dihindari, saat matahari pas di atas banget jadi muka over exposure. Saat matahari pagi dan sore jam 17.00 atau 16.30 pencahayaan lagi bagus, posisi matahari pas," jelasnya. (Instagram/dionwiyoko)
Tips selanjutnya, menurut Dion sebuah foto tidak perlu di-edit secara berlebihan. Sebisa mungkin hasil jepretan memang sudah bagus dan selanjutnya hanya menonjolkan beberapa hal saja seperti saturasi dan shadow. (Instagram/dionwiyoko)
"Foto itu hasilnya sudah 70 persen harus baik, 30 persennya editing dengan hanya menonjolkan saturasi, shadow, dan lainnya. Jadi, sebisa mungkin foto yang diambil udah bagus dulu hasilnya," pungkasnya Dion Wiyoko. (Instagram/dionwiyoko)