Kaleidoskop 2020: Artis Meninggal Dunia Sepanjang Tahun Ini

Ruben SilitongaSutikno diperbarui 31 Des 2020, 16:00 WIB
4 Januari, Mantan istri Sule yang juga ibunda penyanyi Rezky Febian meninggal dunia. Makam Lina yang meninggal karena sakit itu sempat dibongkar untuk melakukan otopsi. Namun, tidak ditemukan kekerasan atau racun bersarang di tubuh mendiang Lina. (Instagram/putridelinaa)
6 Januari,Dua hari setelah kematian Lina, dunia hiburan kembali dikejutkan dengan meninggalnya aktris Ria Irawan. Aktris serba bisa itu meningal di RS Cipto Mangunkusumo akibat penyakit kanker kelenjar getah bening yang diderita sejak 2009. (Deki Prayoga/Dream.co.id)
17 Januari, 11 hari setelah Ria Irawan, ibundanya yang juga aktris serba bisa Ade Irawan juga meninggal dunia. Ade meninggal saat usianya 82 tahun itu sempat beberapa kali menjalani operasi karena memiliki masalah organ jantung. (Bambang E Ros/Fimela.com)
18 Februari, Dunia hiburan kembali dikejutkan dengan meninggalnya aktor Ashraff Sinclair. Tidak pernah terdengar sakit, suami Bunga Citra Lestari itu meninggal dalam usia 40 tahun akibat serangan jantung. Aktor asal Malaysia itu meninggal dan sempat dilarikan ke Rumah Sakit MMC (YouTube It's Me BCL)
11 Maret, Penyanyi yang memiliki gaya khas goyang dengan penampilan berbeda dari yang lain, Rama Aiphama meninggal dunia pada usia 61 tahun. Kepergian Rama juga secara mendadak dan dikabarkan tidak memiliki riwayat penyakit.
22 Maret, Pemeran Wiro Sableng Abi Cancer meninggal dunia dalam usia 44 tahun. Abi meninggal setelah mengalami serangan jantung. (RCTI via Screnshot YouTube - Dawet Ayu Banjarnegara)
23 Maret, Pemain sinetron Purwaniatun atau lebih dikenal dengan Mbak Pur. Almarhummah yang sering memerankan asisten rumah tangga itu meninggal dunia dalam usia 66 tahun. Sebelum meninggal, 40 hari sebelumnya, almarhummah sempat menjalani operasi kanker rahim.[Foto: Google]
8 April, Penyanyi dan Pencipta lagu Glenn Fredly menghembuskan napas terakhirnya dalam usia 44 tahun. Suami Mutia Ayu itu meninggal akibat penyakit meningitis atau radang selaput otak. Glenn meninggalkan seorang istri dan anak berusia 40 hari. (Bambang E.Ros/Fimela.com)
2 Mei, Musisi Erwin Prasetyo meninggal dalam usia 48 tahun. Mantan pembetot bas Dewa 19 itu sempat di larikan ke rumah sakit sebelum akhirnya meninggal akibat pendarahan di lambung. [Foto: Instagram Dewa19]
5 Mei, Maestro Campursari Didi Kempot meninggal dunia dalam usia 53 tahun. Tidak hanya keluarga yang berduka, tapi juga jutaan penggemarnya. Bahkan, sampai ke luar negeri yang ikut berduka. Didi yang memiliki julukan Godfather of Broken Heart meninggalkan ratusan karya yang disukai jutaan orang
8 Mei, Aktor senior berusia 72 tahun Adi Kurdi meninggal dunia di RS Pusat Otak Nasional, Jakarta Timur. Pemeran dalam serial Keluarga Cemara itu meninggal akibat ada penyumbatan di bagian Otak. Selain itu, almarhum juga menderita tumor otak.
15 Mei, Aktor senior Hengky Solaiman meninggal dunia dalam usia 78 tahun. Hengky yang juga masih aktif syuting beberapa bulan jelang ajal, sempat berjuang melawan kanker usus yang di derita sejak awal tahun. (Deki Prayoga/bintang.com)
16 Juli, Komedian yang juga pemeran asal Betawi Omaswati meninggal dunia dalam usia 54 tahun. Saudara kandung Mandra, dan Mastur itu diketahui sejak lama menderita penyakit paru-paru. (Nurwahyunan/bintang.com)
9 September, Covid-19 merenggut nyawa penyanyi senior Yopie Latul. Penyanyi kelahiran Ambon 65 tahun silam itu meninggal di RS Sentra Medika Cibinong, Jawa Barat. Pelantun lagu Poco-poco itu meninggal dan dinyatakan positif terpapar Covid-19 tanpa gejala.
14 September, Aktor muda penuh talenta Ade Firman Hakim meninggal setelah dirawat di RS Tarakan, Jakarta Pusat. Pemeran Musso dalam film Guru Bangsa: Tjokroaminoto itu meninggal setelah mengalami gejala asma dan flek di paru-paru. (Nurwahyunan/Fimela.com)
8 November, aktor yang juga penyanyi Gatot Brajamusti meninggal dunia di RS Pengayoman. Ketua Umum Persatuan Artis Film Indonesia (PARFI) periode 2011-2016 dan 2016-2021 itu meninggal saat masih menjalani hukuman penjara di Lapas Cipinang. (Adrian Putra/bintang.com)
8 Desember, salah satu kontestan Indonesian Idol Top 35, Melisha Sidabutar meninggal dunia. Meninggalnya Melisha ini sempat beberapa hari menjadi trending. Dikabarkan mengalami pembengkakan jantung, namun kabar itu dibantah ayahnya dan menyebut putrinya tidak memiliki riwayat jantung.