Selain Dakwah, Syekh Ali Jaber Juga Jago Masak

Ruben SilitongaSutikno diperbarui 15 Jan 2021, 12:00 WIB
Dalam tayangan kanal Youtube Syekh Ali Jaber, ia menunjukkan kepada Raffi Ahmad dan Nagita Slavina ketika masak di dapur. Dalam tayangan berjudul DIPANGGIL 'CHEF', SYEKH ALI MASAK BERSAMA RAFFI AHMAD, Ali Jaber memasak dua menu untuk orang tua Rafathar tersebut. (Youtube/Syekh Ali Jaber)
Pria kelahiran Madinah, Arab Saudi 44 tahun silam yang sudah menjadi warga Indoesia itu memasak khas Timur Tengah. Malam itu, ia menunjukkan cara memasak nasi mandi dan nasi bukhari.(Youtube/Syekh Ali Jaber)
Nasi mandi adalah hidangan tradisional yang berasal dari selatan Jazirah Arab. Terdiri dari daging kambing dan nasi dengan campuran khusus rempah-rempah. (Youtube/Syekh Ali Jaber)
Bahan-bahan yang sudah disiapkan di meja berjejer. Ia juga menjelaskan satu-persatu bahan-bahan yang akan digunakan untuk masak nasi mandi dan nasi bukhari. Termasuk beras yang didatangkan langsung dari Arab.(Youtube/Syekh Ali Jaber)
Pada kesempatan tersebut, Ali Jaber juga memberikan tips agar daging kambing yang akan dimasak tidak bau. Menurutnya, setelah daging itu dipotong-potong, dicuci bersih dengan menggunakan garam direndam sebentar baru dimasak. (Youtube/Syekh Ali Jaber)
Untuk tetap menjaga kebersihan, Syekk Ali Jaber mengaku selalu menggunakan sarung tangan plastik ketika akan memasak. Ali jaber terampil meracik nasi mandi. Dalam mengolah daging kambing, ia memasukkan bahan tersebut ke dalam alat pemanggang khusus. (Youtube/Syekh Ali Jaber)
Bahkan, karena hobinya masak, ulama yang memiliki nama lengkap Ali Saleh Mohammed Ali Jaber itu sampai membuka restoran Baba Jaber yang berada di kawasan Pulagadung, Jakarta Timur. (Youtube/Syekh Ali Jaber)
Selain memasak nasi mandi dan nasi bukhari, Ali Jaber juga jago membuat kue. "Sambil kita nunggu matengnya bukhari, mau nggak saya kasih rahasia. Saya mau bikinin kue manis," kata Ali Jaber. (Youtube/Syekh Ali Jaber)
Syekh Ali Jaber lantas membuatkan kue Tamriyah. Terlihat tanggannya lincah saat mengaduk-aduk bahan untuk membuat kue tamriyah. Kue tersebut rasanya manis karena ada kurmanya. (Youtube/Syekh Ali Jaber)