11 Potret Perempuan Hebat yang Cocok Jadi Kartini Masa Kini

Rizky Mulyani diperbarui 21 Apr 2021, 07:53 WIB
Najwa Shihab, jurnalis perempuan yang tak diragukan lagi dalam hal berpikir kritis serta keberaniannya mengungkap kebenaran. Sosoknya yang cerdas dan berwibawa ini tentu menginspirasi para puan yang lainnya. (Instagram/najwashihab)
Tri Rismaharini atau yang akrab disapa ibu Risma ini merupakan Menteri Sosial Indonesia sekarang ini. Sosoknya yang tegas dan bijaksana membuat ibu Risma dikagumi banyak orang. Begitu juga dengan berbagai program yang dilakukan, bahkan sejak masih menjadi Walikota. (Instagram/trirismaharini01)
Ada juga Tasya Kamila yang kini sudah menjadi ibu satu anak. Sebelumnya, ia juga berhasil lulus dari Universitas Indonesia (S1) dan Colombia University (S2) dengan jalur beasiswa LPDP. Selain itu, ia juga salah satu aktivis yang peduli terhadap lingkungan. (Instagram/tasyakamila)
Susi Pudjiastuti, mantan Menteri Kelautan dan Perikanan dari Kabinet Kerja 2014-2019 yang berjasa dalam kelautan Indonesia. Perempuan yang satu ini selalu menjadi sorotan publik karena sikapnya yang tegas dalam mengambil keputusan. (Instagram/susipudjiastuti115)
Butet Manurung, perempuan hebat yang rela hijrah ke pedalaman demi mendirikan Sokola Rimba. Yakni tempat untuk mengajarkan baca-tulis anak-anak suku Anak Dalam di kawasan Konservasi Taman Nasional Bukit Duabelas atau TNBD Jambi, Sumatera Selatan. (Foto: retnodevil.wordpress.com)
Sri Mulyani, menteri keuangan Indonesia sekarang ini yang juga disegani di tingkat dunia. Ia juga menjadi perempuan dan orang Indonesia pertama yang menjabat sebagai Direktur Pelaksana Bank Dunia. (Instagram/smindrawati)
Berikutnya adalah Dian Sastrowardoyo. Selain menginspirasi karena kepiawaiannya berakting, namun sosoknya yang satu ini juga aktif dalam kegiatan sosial. Ia membuktikan, kalau perempuan juga bisa melakukan banyak hal secara bersamaan. (Instagram/therealdisastr)
Retno Marsudi yang kini menjabat sebagai Menteri Luar Negeri juga menjadi perempuan hebat yang cocok jadi Kartini masa kini versi Fimela. Pasalnya, ia berhasil menjadi perempuan pertama yang menjabat sebagai Dubes Indonesia untuk Belanda periode 2012-2014. (Instagram/retno_marsudi)
Tentang seni, namun kali ini Isyana Sarasvati yang juga cocok sebagai Kartini masa kini berjuang dalam industri musik. Ia terus berusaha melestarikan musik Indonesia yang pastinya dengan terus melahirkan karya-karya terbarunya. (Instagram/isyanasarasvati)
Selanjutnya ada Maudy Ayunda yang menurut Fimela pantas menjadi Kartini di masa kini. Pasalnya, selain jago akting dan bernyanyi, juga unggul dalam akademik. Terbukti, secara bersamaan diterima di Stanford dan Harvard University. (Instagram/maudyayunda)
Lewat karyanya dengan merancang sederet kebaya menjadi bukti Anne Avantie yang juga berjuang melestarikan salah satu ciri khas Indonesia. Tak bisa lagi dihitung dengan jari, Anne Avantie telah melahirkan banyak karya yang pastinya sangat luar biasa. (Nurwahyunan/Fimela)