Jadi Penyanyi Pop, Inul Daratista Pertama Tampil Dibayar Rp 3.000

Sutikno diperbarui 18 Jun 2021, 07:53 WIB
Kini, pemilik nama Ainur Rokhimah itu salah satu artis yang sukses dan kaya raya. Selain sukses karier, juga sukses dalam bisnisnya. Inul menceritakan awal dirinya merintis karier. (Youtube/Venna Melinda Channel)
"Ketika di kamar mandi suka nyanyi-nyanyi, ternyata dibelakang rumah aku ada yang punya band. Jadi yang punya itu suka dengerin aku nyanyi, 'suara siapa itu'," kata Inul seperti dilansir dari Venna Melinda Channel. (Youtube/Venna Melinda Channel)
Mencium bakat Inul, pemilik band tersebut mendatangi rumahnya dan meminta Inul gabung dengan grup band tersebut. Inul bergabung dengan membawakan musik pop. Pertama nyanyi acara 17 Agustus di kampung. (Youtube/Venna Melinda Channel)
Selain itu, Inul yang rumahnya dekat dengan pusat pendidikan Brimop, juga sering diajak manggung diiringi para prajurit. Perlahan, anak pertama dari enam bersaudara itu sudah mulai mendapat uang dari nyanyi. (Youtube/Venna Melinda Channel)
"Tapi ya di bayar, kadang dibayar Rp 3000, Rp 5000, 10000 gitu. Itu di tahun 1990-an," lanjut perempuan satu anak ini. (Youtube/Venna Melinda Channel)
Sejak duduk di Sekolah Dasar Inul sudah mulai mencari uang jadi penyanyi. Nasib kembali baik setelah Inul yang sebelumnya dikenal penyanyi pop diajak gabung ke genre dangdut. (Youtube/Venna Melinda Channel)
"Disebelah rumahku ada tetangga yang punya orkes juga. 'he kamu kalau nge-pop enggak ada duitnya. Kamu ikut dangdutan aja, nyanyi satu atau dua lagu'," cerita Inul. (Youtube/Venna Melinda Channel)
"Akhirnya kan dikasih Rp 13.000, Rp 12.000. Wah lumayan itu," kata Inul Daratista yang mengaku sudah mulai bisa beli bedak dari honor nyanyi dangdut. Selain itu, honornya juga sering dibagi dengan ibunya. (Youtube/Venna Melinda Channel)
Dari awal, Inul Daratista belajar otodidak tanpa ikut les vokal, tekun dalam merintis kariernya. Dari panggung ke panggung dijalani dengan semangat untuk memperbaiki ekonomi keluarganya. Kini, Inul yang pernah mendapat julukan Ratu Ngebor itu jadi salah satu artis sukses dan kaya raya.