Menengok Fasilitas Futuristik Atlet di Olimpiade Tokyo 2020

Vinsensia Dianawanti diperbarui 30 Jul 2021, 14:30 WIB
Village Plaza menjadi area sebagian besar fasilitas bagi para atlet. Mulai dari kafe hingga pusat media untuk Olimpiade Tokyo 2020. Terletak di distrik tepi laut Harumi, Tokyo, Village Plaza dibangun menggunakan kayu dari sumber berkelanjutan.
Para atlet akan tinggal di apartemen selama Olimpiade Tokyo 2020 berlangsung. Bendera berbagai negara menghiasi dindin balkon kamar para atlet menginap. Kawasan ini hadir dengan 21 menara berlantai 14-18, terdiri dari 3.600 kamar 18ribu tempat tidur.
Semua bangunan di sana dibalut dengan warna biru indigo. Area tempat tinggal dibagi menjadi empat bagian, yakni Sun, Park, Port dan Sea.
Para atlet tidur di atas kardus sekali pakai dengan kasur yang terbuat dari polietilen. Tempat tidur kardus dibuat agar tahan lama, tetapi juga nyaman, demikian menurut Takashi Kitajima, penyelenggara Tokyo 2020 yang bertanggung jawab atas kampung atlet.
Dining hall terdiri dari ruang makan utama dua lantai dan ruang makan santai yang menyajikan masakan Jepang. Area utama menampung sekitar tiga ribu orang, sedangkan area santai sekitar 280 orang.
Berpedoman pada Basic Strategy for Food and Beverage Services (Food Strategy), para atlet makan di ruang makan kampung tertutup untuk pers dan publik untuk mencegah penyebaran Covid-19. Sekitar 700 pilihan menu tersedia, sebagian besar dibagi tiga kategori, yakni Barat, Jepang, dan Asia.