Baru Terungkap, Alasan Iwan Fals Berlatih Karate Selama 40 Tahun

Sutikno diperbarui 09 Sep 2021, 06:53 WIB
Alasan itu terungkap dari perbincangannya dengan komedian dan pemeran Soleh Solihun."THE SOLEH SOLIHUN INTERVIEW: IWAN FALS," judul video yang diunggah pada 6 September 2021 silam. (Youtube/Soleh Solihun )
Musisi legendaris itu menceritakan awalnya ia kembali menekuni karate sejak anaknya lahir hingga sekarang. (Youtube/Soleh Solihun )
"Mulai pas anak saya lahir almarhum Galang belajarlah lebih tekun. Nah diumur 21 itu sampe sekarang belajar karate, sekitar 40 tahun lah ikut karate," kata Iwan Fals seperti dilansir dari kanal YouTube Soleh Solihun. (Youtube/Soleh Solihun )
Soleh yang sejak jadi wartawan ingin wawancara Iwan Fals baru kesampaian itu lantas menanyakan alasannya sampai sekarang terus berlatih karate. Ia mengaku bahwa keluarganya merasa terancam. Ia sering was-was ketika meninggalkan keluarga. (Youtube/Soleh Solihun )
"Suatu saat keluarga saya terancam dulu. Akhirnya yaudah saya latihan aja. Ya, memang persiapan untuk berkelahi sebenarnya. Karena saya takut tadi makanya saya latihan," ujar Iwan Fals. (Youtube/Soleh Solihun )
Musisi berusia 60 tahun itu mengingat betul ketika masih sabuk biru. Ia begitu semangat sampai ingin mempraktekkan yang ia pelajari. Namun, setelah biru keatas, antusiasnya sudah berbeda dan tidak seperti dulu. (Adrian Putra/Fimela.com)
"Biasanya kalau masih sabuk biru masih semangat tuh pengen praktekan, tapi setelah biru ke atas baru dah. Apalagi kalau sering komite (pertarungan) itu jadi males ya, karena sehari-hari bertarung kan," kata musisi senior ini. (dok. Fimela.com)
Sebelumnya, musisi yang mengawali kariernya sejak tahun 1975 itu sudah mengikuti beberapa olahraga beladiri sejak kecil. Bahkan, saat SD sempat menjadi juara nasional judo. (dok. Fimela.com)
"Karate untuk memperlambat proses pembusukan, kalau gak karate busuk tuh. Saya tuh SD sempat juara nasional judo SD tingkat DKI (Jakarta). SMP terus sempat belajar silat gitu-gitu," terang Iwan Fals. (dok. Fimela.com)

Tag Terkait