Mendunia, Batik Lubuklinggau Unjuk Gigi di Milan Fashion Week 2021

Nabila Mecadinisa diperbarui 14 Okt 2021, 11:00 WIB
Tema “Revolutionary Hope”, koleksi Spring-Summer 2022 yang terdiri dari 10 look ini terinspirasi dari gaya Punk era 70-an yang dipadukan untuk pertama kalinya dengan kain tradisional batik.
Koleksi ini adalah ekspresi bangkit dari pandemi global Covid-19 dengan melakukan perubahan yang signifikan dan membuat harapan baru; sekaligus menciptakan lingkungan yang lebih baik untuk semua makhluk hidup.
koleksi perdana JYK ini mengekspos keunikan kreasi motif buah durian dan bunganya yang menjadi hak paten dari Batik Lubuklinggau, batik tulis modern yang dibuat oleh Yetty Oktarina Prana yang biasa disapa Rina Prana, Istri Walikota Kota Lubuklinggau di Sumatera Selatan.
Durian disebut Raja Buah yang berbentuk bulat dengan kulit yang keras dan runcing menyerupai duri, namun di balik itu memiliki isi yang lembut dan manis.
Partisipasi JYK yang berkolaborasi dengan Batik Lubuklinggau ini merupakan kegiatan diplomasi batik Indonesia yang turut didukung oleh KBRI Roma dan sekolah fashion Istituto di Moda Burgo Milan.