Mewah, Berikut Potret Tujuh Bulanan Aurel Hermansyah

Sutikno diperbarui 20 Des 2021, 12:00 WIB
Mitoni, atau juga disebut tingkeban, atau tujuh bulanan merupakan salah satu prosesi adat Jawa ketika usia kehamilan masuk bulan ketujuh. Mitoni diisi dengan doa untuk calon ibu dan bayi yang masih dalam kandungan. (Instagram/aurelie.hermansyah )
Ashanty dan Krisdayanti menerima kambil cengkir gading (kelapa muda). Calon ayah meluncurkan dua cengkir dari balik kain yang kumudian ditangkap oleh calon nenek. Dua kelapa ini dilukis Dewi Kemaratih dan Dewa Kamajaya yang melambangkan bayi lelaki dan perempuan. (Instagram/ashanty_ash)
Selain acara brojolan dengan dua kelapa muda yang kemudian di belah, acara yang juga sakral adalah sungkeman. Calon orang tua (Atta dan Aurel) memohon restu kepada orang tua agar diberikan kelancaran saat proses kelahiran nanti. (Instagram/ashanty_ash)
Acara mitoni ini dengan beberapa prosesi di jalani. Setiap prosesi memiliki filosofi dan makna yang berbeda-beda. Tampak Aurel menjalani prosesi siraman. (Instagram/aurelie.hermansyah )
Siraman ini untuk menyucikan secara lahir dan batin bagi ibu dan calon bayinya. Siraman air bunga ini dilakukan oleh tujuh orang yang diteladani oleh calon orang tua. Calon ibu juga harus mengenakan 7 macam kain dengan berbagai jenis motif atau sering disebut dengan jarik. (Instagram/ashanty_ash)
Anang Hermansyah, Ashanty, Krisdayanti menyiram perut Aurel secara bergantian. Dimulai dari yang paling tua. Gayung yang digunakan terbuat dari batok kelapa. (Instagram/ashanty_ash)
"Prosesi Siraman mylove @aurelie.hermansyah Semoga lancar sampai persalinan, sehat ibu dan anak, kelak menjadi seorang ibu seutuhnya, dan bisa melahirkan dan membesarkan seorang putri cantik. Dan selalu dilindungi Allah SWT.," tulis Ashanty. (Instagram/krisdayantilemos)
Potret keluarga besar Aurel Hermansyah dan Atta Halilintar berfoto bersama. Acara kental dengan adat Jawa. Selain Aurel dan Atta, tampak Ashanty, Krisdayanti dan keluarga inti mengenakan busana adat Jawa. Kompak memakai baju berwarna peachy pink sesuai dengan gender bayi.(Instagram/ashanty_ash)
Suasana acara tingkeban atau mitoni Aurel Hermansyah dan Atta Halilintar. Tampak ada penyanyi Yuni Shara yang juga sebentar lagi di panggil nenek. "Siraman untuk cucu pertama @aurelie.hermansyah di acara Tingkepan 7bulanan." tulis Yuni Shara. (Instagram/ashanty_ash)