Potret Pernikahan Vidi Aldiano dan Sheila Dara, Adat Sunda dan Minang

Sutikno diperbarui 17 Jan 2022, 12:00 WIB
Prosesi akad nikah mengusung adat Sunda.Untuk menikahi Sheila, Vidi memberikan mahar pernikahan berupa uang tunai sebesar USD 1000 dan 501 Poundsterling. Ternyata, ada makna khusus di balik mahar tersebut. (Instagram/vidialdiano)
"(Mahar) 1000 US Dollar dan 501 Poundsterling. Sesuai tanggal, kalau ditulis jadi 1.501," ucap Vidi Aldiano saaat konferensi pers usai pernikahan. (Instagram/vidialdiano)
Tidak hanya sampai di situ, terkait dua mata uang tersebut juga memiliki cerita sendiri. Mata uang Amerika Serikat dan Inggris dipilih untuk maskawin karena dua negara tersebut merupakan tempat Vidi menimba ilmu. (Instagram/vidialdiano)
Pasangan ini juga menjelaskan alasannya memilih adat Sunda saat acara akad nikah. Sheila mengaku, bahwa ibundanya berasal dari Sunda. Sebelumnya, saat lamaran dengan adat Jawa sesuai dengan ayah Vidi. (Instagram/vidialdiano)
Akad nikah pasangan ini disiarkan secara langsung melalui kanal Youtube Vidi Aldiano. Pada hari pernikahannya, Vidi dan Sheila menganakan busana pengantin dari Jawa Barat dengan beskap dan kebaya nuansa emas. (Instagram/vidialdiano)
Sheila Dara menganakan kebaya full payet dan terlihat gemerlap saat terkena pantulan cahaya. Begitu juga dengan aksesori siger di kepala berwarna silver menambah kemewahan ala bangsawan. Sedangkan Vidi terlihat seperti raja Bumi Pasundan. Dengan beskap lengkap dan blangkon. (Instagram/vidialdiano)
Sedangkan resepsi pernikahan, keduanya mengusung adat Minang. Sheila memakai kebaya dengan detail payet dan kristal yang kemilau. Sementara detail mawar merah yang menjuntai pada bahu memberi pernyataan gaya. (Instagram/vidialdiano)
Kain songket merah perpaduan emas menambah sempurna penampilannya. Aksesori utama suntiang yang menjadi simbol perempuan Minang menjadi aksesori terpenting melengkapi penampilannya. (Instagram/vidialdiano)
Vidi mengenakan busana serasi lengkap dengan aksesori penutup kepala laki-laki atau saluak. (Instagram/vidialdiano)
Rangkaian acara resepsi minang ini untuk menghormati budaya dari pihak mempelai pria. Dalam acara tersebut, juga ada penyematan gelar untuk Vidi Aldiano.Perwakilan keluarga dari Vidi Aldiano memberikan gelar Vidi Sultan Sari Alam. (Instagram/vidialdiano)
Vidi Aldiano dan Sheila Dara resmi menikah setelah sekitar enam tahun menjalin hubungan. Sempat tertunda karena pandemi, akhirnya Vidi resmi menikahi dengan Sheila Dara dengan mas kawin berupa uang tunai 1.000 Dollar dan 501 Poundsterling. (Instagram/vidialdiano)