Meninggal Dunia karena Covid-19, Berikut Potret Dorce Gamalama di Puncak Karir

Sutikno diperbarui 16 Feb 2022, 12:00 WIB
Dorce dikenal sebagai pembawa acara, pemeran, komedian dan penyanyi. Dorce lahir di Solok pada 21 Juli 1963. Lahir dengan nama Dedi Yuliardi Ashadi. Sedangkan di panggung, ia memiliki nama Dorce. Ia merupakan anak bungsu dari enam bersaudara. (dok. Istimewa)
Karena kedua orang tua meninggal dunia, Usia dua tahun Dorce dibawa neneknya ke Jakarta. Saat SD, kerap menyanyi bersama kelompok Bambang Brothers. Dorce pernah di Surabaya, kemudian kembali lagi ke Jakarta tahun 1990. Di Jakarta di kontrak membintangi dua film sekaligus.
Di film Dorce Sok Akrab, yang dirilis tahun 1989, film garapan sutradara Deddy Armand itu Dorce membintanginya bersama Kadir. Lawan main dalam film tersebut diantaranya, ada Eko DJ, Nurul Arifin dan masih banyak lagi.(dok. Youtube/MVP Classic Video)
Sedangkan di layar kaca, Dorce makin populer setelah sukses membawakan Dorce Show di Trans TV. Acara yang dibawakan sejak Januari 2005 itu dihentikan penayangannya pada April 2009. Kemudian diganti dengan D'Show. Dorce kerap disebut Oprah Winfrey-nya Indonesia berkat gaya dalam membawakan acara.
Sebelumnya, tahun 2002 hingga 2005, Dorce membawakan acara Kencan di Indosiar bersama Eko Patrio. Pada saat itu, Dorce salah satu pembawa acara yang populer. Berbagai prestasi telah diraih oleh Dorce, antara lain adalah keberhasilannya masuk dalam daftar presenter papan atas Indonesia(dok. Istimewa)
Kesibukan lain Dorce adalah sebagai penyanyi. Ia pertama masuk dapur rekaman Billboard. Ia kemudian meluncurkan single Cintaku Kendur di Jalan. Selain mampu menyanyi dengan berbagai irama, ia juga fasih membawakan lagu berbagai bahasa asing seperti Inggris, Tionghoa, Belanda, Jerman, (dok. Istimewa)
Dorce pernah mencatatkan di rekor Museum Rekor Indonesia (MURI). Dorce sukses meluncurkan sembilan album sekaligus hanya dalam waktu lima bulan sejak November 2005 hingga Maret 2006. Disini, ia mengandeng beberapa musisi.(dok.Kapanlagi.com)
Dipuncak popularitasnya, Dorce juga dekat dengan banyak pejabat hingga presiden. Meski demikian, Dorce juga kerap hadir dalam berbagai kegiatan sosial untuk membantu masyarakat saat tertimpa musibah. (dok.Istimewa)
Memiliki banyak penggemar Dorce juga kerap didapuk untuk meraih masa dalam sebuah pemilihan daerah hingga presiden. Dorce juga salah satu artis yang tergabung untuk memenangkan Jokowi menjadi presiden.(Hendra/dok. Kapanlagi.com)