Potret Rumah Mendiang Deddy Dores, Gaya Klasik Halaman Luas Bangunan Belanda dan Asri

Sutikno diperbarui 06 Apr 2022, 20:38 WIB
Sebelum suskes,berikut rumah masa kecil Deddy Dores, di kawasan Bandung, Jawa Barat.Rumah dengan bangunan model Belanda tersebut berdiri kokoh hingga kini. Halamannya juga sangat luas dengan rumput dan tanaman. (Youtube/Ramza Tv Studio)
Rumah ini menjadi tempat penyanyi dan pencipta lagu Deddy dibesarkan oleh neneknya. Rumah dengan bangunan lama dengan dominasi warna putih. Rumahnya bergaya klasik bangunan Belanda. (Youtube/Ramza Tv Studio)
Keluarga Deddy Dores tidak ada yang tinggal di rumah yang besar dan luas ini. Tapi, ada beberapa orang yang merawat dan tinggal di rumah tersebut. (Youtube/Ramza Tv Studio)
Meski tidak di tempati, rumah ini masih tertata rapi. Terlihat jelas rumah bangunan lama dengan atap atau plafon terbuat dari anyaman bambu. Di depan pintu utama juga terdapat dua tiang dari kayu model rumah jaman dulu. (Youtube/Ramza Tv Studio)
Dari pintu utama langsung ke ruang tamu. Tampak beberapa sofa merah dan kursi model lama yang terbuat dari anyaman rotan berjejer. (Youtube/Ramza Tv Studio)
Tidak hanya di luar yang menggunakan anyaman bambu untuk plafonnya, tapi juga terlihat di ruang tamu. Anyaman bambu yang sangat rapi dan dipinggir di beri list untuk mempercantik. Lampu model lama juga terlihat di ruang tamu. (Youtube/Ramza Tv Studio)
Masih di ruang tamu, ada pintu warna cream di ruang tamu. Pintu tersebut merupakan akses masuk ke kamar Deddy Dores semasa masih tinggal bersama neneknya. (Youtube/Ramza Tv Studio)
Rumah model klasik bangunan Belanda ini memiliki banyak kamar. Rumah ini juga dominasi warna putih untuk tembok dan cream untuk warna pintu atau jendela kayu. Dapurnya juga sudah dilengkapi dengan kitchen set. (Youtube/Ramza Tv Studio)
Tidak hanya halaman depan yang tampak luas, tapi bagian belakang memiliki halaman luas dan asri dengan banyak pepohonan. (Youtube/Ramza Tv Studio)
Dibagian belakang ini terdapat dua kamar. Bangunan lama dengan model pintu dan jendela dari kayu model lama. Sedangkan atap dari anyaman bambu seperti model rumah jaman dulu. (Youtube/Ramza Tv Studio)
Menurut orang yang merawat rumah ini, rumah belum pernah dipugar. Tapi, tetap di rawat dan dicat ulang. Dari ruang tamu, bisa langsung ke ruang keluarga. Beberapa lemari juga terlihat model kuno. Beberapa lukisan juga menghiasi beberapa sudut dinding. (Youtube/Ramza Tv Studio)