Songket dan Batik Warnai Karya Juan Iskandar di Fashion Art Toronto 2022

Sutikno diperbarui 14 Mei 2022, 21:00 WIB
Pria yang akrab disapa Iskandar atau ISK itu memanfaatkan kesempatan emas tampil di Fashion Art Toronto 2022 setelah mendapatkan undangan mengikuti sejumlah seleksi dan wawancara sejak bulan November 2021 silam. (dok. Koleksi Juan Iskandar)
Dalam gelaran istimewa itu, Iskandar yang kini tinggal di Montreal, Kanada memilih tema Mutiara dari South Asia dengan ide busana, terinspirasi dari Bali dan Thailand dengan memamerkan 11 gaun rancangannya dan 6 headpiece. (dok. Koleksi Juan Iskandar)
Iskandar juga tampil memamerkan karya pakaian dan aksesorinya di Fashion Art Toronto 2022 dengan membawa budaya Indonesia lewat batik dan wayang dalam presentasi fashion dan aksesori bertajuk ‘Pearls from Southeast Asia’ di FAT 2022. (dok. Koleksi Juan Iskandar)
Gelaran FAT 2022 ini berlangsung pada 8 Mei 2022 di Design Exchange 234, Bay Street, Toronto, Kanada. Untuk acara tersebut, Iskandar mengajak Nadia Tjoa, Pemenang Miss Face of Humanity 2022 yang berasal dari Indonesia. (dok. Koleksi Juan Iskandar)
Koleksi yang di tampilkan Iskandar diantaranya: Sarung ala Bali dan rompi bahan songket dengan headpiece berbentuk topi. Gaun merah kombinasi batik print dengan headpiece wayang icon fashion week 2022. Gaun kombinasi 2 warna dari bahan sifon. (dok. Koleksi Juan Iskandar)
Gaun hitam konsep Gala dengan bordiran bunga 3D. Gaun batik biru bertema peranakan dengan rok berbentuk piring keramik Chinese. Kebaya modern. Gaun design Chiongsam modern dengan sulaman tangan. Gaun berkonsep baby doll. Ballgown. (dok. Koleksi Juan Iskandar)
Gaun semi Chiongsam yang bisa terpisah dengan ekor ballgown. Sementara untuk gaun Nadia bertema Mutiara dari Southeast Asia terbuat dari bahan kain tenun Sumbawa, dengan bordiran dua burung peacock dan mutiara di belakang jubah. BBG (dok. Koleksi Juan Iskandar)