Potret Ayu Dewi Bersama Suami dan Anak-anak 'Nyawah' di Bali

Sutikno diperbarui 22 Mei 2022, 21:00 WIB
Selain mengunjungi beberapa destinasi wisata menarik yang berada di Pulau Dewata, presenter dan pemeran ini juga mengajak anak-anaknya untuk melihat dan belajar proses tanam padi. (Youtube/Ayu Dewi)
Sebelum sampai di sawah untuk menanam padi, Ayu Dewi beserta anak-anak dan suaminya terlebih dulu berjalanan melewati jalanan tanah hingga beraspal. Potret Ayu mengandeng putranya saat melintasi jalanan setapak yang kanan dan kirinya tumbuh subur tanaman. (Youtube/Ayu Dewi)
Sambil mengendong tas, Ayu tampak dengan semangat menyusuri jalanan yang terkadang ada yang licin. Suasana pedesaan memberikan kesan tersendiri pada wisata edukasi kali ini. (Youtube/Ayu Dewi)
Setelah menyusuri jalanan beberapa saat dengan berbagai medan, rombongan keluarga Ayu Dewi tiba di pesawahan. Disini, Ayu Dewi dan keluarga juga terjun langsung merasakan para petani sebelum menanam padi. Yaitu mengemburkan tanah sebelum ditanam bibit padi. (Youtube/Ayu Dewi)
Anak-anak Ayu Dewi juga belajar menabur benih gabah. Setelah menemukan bibit unggul, proses menanam padi selanjutnya adalah di semai di wadah persemaian. Gabah tersebut ditaburkan di tempat persemaian yang telah disiapkan hingga gabah muncul daun sempurna. (Youtube/Ayu Dewi)
Setelah proses semai, Ayu Dewi, Regi Datau dan anak-anaknya kemudian ikut belajar cara menanam. Ayu, suami dan anaknya terlihat antusias menanam padi. Setelah benih pada proses persemaian tumbuh daun sempurna, kemudian dicabut dan ditanam dengan jarak tertentu. Menanam padi di sawah, disebut nyawah. (Youtube/Ayu Dewi)
Setelah proses belajar mengemburkan tanah, menaburkan bibit/gabah, hingga menanam padi. Kemudian dilanjutkan melihat padi yang sudah mulai kuning dan merunduk, atau siap panen. Suami Ayu Dewi menjelaskan proses padi hingga jadi nasi. (Youtube/Ayu Dewi)