Kontemplasi, Refleksi, dan Kemampuan Adaptasi Sapto Djojokartiko dalam Koleksi SS23

Annissa Wulan diperbarui 28 Sep 2022, 07:30 WIB
Koleksi Sapto Djojokartiko Spring Summer 2023 ini juga bentuk pergerakan dan optimisme Sapto sendiri dalam menghadapi krisis pandemi. Koleksi terbaru ini menampilkan busana pria dan perempuan. Foto: Document/Sapto Djojokartiko.
Rangkaian busana yang aktif dengan variasi siluet ini bisa dikenakan lintas gender. Ragam busana relaks hingga pas badan kembali menjadi favorit seiring kembalinya aktivitas manusia di dunia. Foto: Document/Sapto Djojokartiko.
Koleksi Sapto Djojokartiko kali ini memadukan busana rumahan yang nyaman, seperti singlet dan celana boxer dengan berbagai padanan luaran yang longgar dengan imbuhan bordir yang kompleks dan ragam motif istimewa. Aplikasi motif yang digunakan memberdayakan kembali berbagai motif bordir Sapto Djojokartiko, seperti Penara, Darpana yang adalah ulir pada bingkai cermin, Ukelan Ron dari imaji rangkai daun, Ukelan Sekar yang merupakan wujud rekah bunga, dan Seligi yang menyalin bentuk tombak. Foto: Document/Sapto Djojokartiko.
Pilihan innerwear dihadirkan lebih bervariatif, seperti tank suit, sports bra, legging, dan bicycle pants menginjeksikan gaya pakaian athleisure yang harmonis dalam tatanan gaya busana berlapis. Ungkapan optimisme dihadirkan lewat permainan palet warna neon yang cerah, seperti kuning acid, hijau citron, dan pink flambe. Foto: Document/Sapto Djojokartiko.
Namun, tanpa meninggalkan pendar warna pastel lembut yang merupakan ciri khas Sapto Djojokartiko. Detail intrikasi sulam tangan, repetisi tumpuk motif, manik-manik, lipat, patchwork, lipit-lipit, rumbai bertumpuk, dan modifikasi rajutan adalah esensi matang rancangan Sapto Djojokartiko. Foto: Document/Sapto Djojokartiko.
Pakaian dalam koleksi terbaru ini juga kian bersifat unisex dan sonder gender. Sapto Djojokartiko banyak bereksperimen dalam untaian elemen korset, terwujud pada jaket lugas yang bisa diikat dengan tali, serta garis-garis tulang bustier dan kontur undergarment dalam konstruksi bralette. Foto: Document/Sapto Djojokartiko.
Paduan apik aksesori antik, seperti tas dumpling, tas rumbai, dompet manik, sepatu hak, dan sandal bersulam bordir juga melengkapi koleksi ini. Kembalinya pagelaran tunggal Sapto Djojokartiko ini diadakan di Gedung Filateli, Jalan Pos Nomor 2, Pasar Baru, Kecamatan Sawah Besar, Jakarta Pusat. Foto: Document/Sapto Djojokartiko.
Kemegahan arsitektur historis ini dibuat sedemikian rupa dengan alur berliku. Sapto Djojokartiko mempresentasikan mobilitas manusia yang mulai bebas dan optimis. Foto: Document/Sapto Djojokartiko.
Sapto ingin mengesampingkan formalitas dengan pakaian yang bervolume, nyaman, dan relaks melalui koleksi Spring Summer 2023. Lewat koleksi ini, Sapto ingin memberi kebebasan berpakaian dari beragam karakter untuk mengekspresikan individualisme mereka sendiri. Foto: Document/Sapto Djojokartiko.