Sukses

Beauty

5 Tanda Penuaan Dini yang Perlu Diwaspadai, Cegah Secepat Mungkin

Fimela.com, Jakarta Meskipun kenyataannya setiap manusia akan mengalami kulit yang menua seiring dengan berjalannya waktu, tanda-tanda penuaan kulit mungkin saja sudah muncul di usia dua puluhan. Sebagian besar perubahan fisik ini tidak berbahaya tetapi dapat membuat kita merasa tidak nyaman dan bahkan memengaruhi kepercayaan diri kita.

Segera ubah gaya hidup dan kebiasaan kita saat mendeteksi tanda-tanda awal penuaan kulit. Upaya tersebut agar kita dapat menikmati penampilan awet muda lebih lama. Tanda penuaan dini lebih cepat tentu perlu dikenali setiap orang. Sebabnya, penuaan dini yang terjadi lebih cepat dari ketentuan normalnya.

Dengan adanya faktor tersebut, tentu tanda-tanda penuaan dini lebih cepat dapat dikenali dan diminimalisir dengan semaksimal mungkin. Dilansir dari Merdeka.com, berikut Fimela.com telah merangkum 5 tanda penuaan dini yang perlu diwaspadai. 

Terdapat Benjolan Kecil di Wajah

Tanda penuaan dini lebih cepat yang pertama adalah adanya benjolan kecil di wajah. Benjolan kecil ini disebut milia, yaitu benjolan putih kecil yang biasanya muncul di sekitar hidung dan pipi.

Mereka bisa berkembang ketika kulit kita mulai kehilangan kemampuannya untuk terkelupas. Penggunaan produk yang berlebihan seperti krim steroid bisa membuat kulit kita menua lebih cepat dan menyebabkan milia.

Bibir Menipis

Tanda penuaan dini lebih cepat berikutnya adalah bibir mulai menipis. Jika Anda melihat bibir mulai menipis di usia dua puluhan, kemungkinan kulit akan menua lebih cepat dari biasanya.

Penyebab utamanya bisa jadi karena penurunan kolagen di bibir. Bisa juga disebabkan oleh dehidrasi, sering menggunakan sedotan, paparan sinar matahari yang berlebihan, dan kekurangan vitamin C.

Kulit Mudah Rusak

Kulit kita mungkin juga menua lebih cepat dari yang kita kira jika kita mendapatkan memar yang muncul secara misterius entah dari mana. Ini terjadi karena kulit kita menjadi lebih tipis dari biasanya, membuatnya lebih rentan memar dan penyembuhan luka lebih lambat. Sering melembabkan kulit dapat membantu mencegah hal ini.

Tekstur Kulit yang Rapuh

Tanda penuaan dini lebih cepat yang keempat adalah tekstur kulit yang menjadi rapuh. Adanya paparan  sinar matahari yang berkepanjangan tanpa tabir surya adalah alasan utama mengapa hal ini terjadi. 

Kerusakan tersebut terjadi karena kerusakan elastin, yang memungkinkan kulit kita meregang dan kembali ke posisi normalnya. Mereka yang sering menggunakan tanning bed juga lebih berisiko mengalami hal ini.

Perubahan pada Kelopak Mata

Kamu mungkin perlu berhenti menggosok mata lebih dari biasanya jika kelopak mata sudah mulai terkulai. Juga dikenal sebagai ptosis, kelopak mata terkulai juga dapat terjadi dengan seringnya menggunakan lensa kontak kaku atau akibat dari operasi mata baru-baru ini.

Itulah tanda-tanda penuaan dini yang patut kamu waspadai, tentunya Sahabat Fimela perlu merawat kesehatan kulit agar tidak mengalami penuaan dini. 

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Apa Penyebab Sakit Kepala Ini Yang Harus Kamu Tahu
Artikel Selanjutnya
Novel Karangan Erisca Febriani dengan “Segudang Karya yang Menarik”