Sukses

Lifestyle

Yuk, Mengenal Aplikasi Terbaik untuk Berbagi Bersama

Fimela.com, Jakarta Indonesia memiliki platform crowdfunding baru. Namanya BenihBaik.com. Tepat hari ini, 4 Oktober secara resmi BenihBaik.com diluncurkan di ajang IdeaFest 2019, di Jakarta Convention Center. Penggagasnya tiga orang, Andy F. Noya, Anggit Hernowo, dan Firdaus Juli.

“Tujuan membuat platform ini untuk mempertemukan orang-orang yang membutuhkan bantuan dengan orang-orang yang ingin berbuat baik untuk membantu sesama,” ujar Andy F. Noya, CEO BenihBaik.com.

Sebab, menurut wartawan senior ini, di Indonesia masih banyak warga masyarakat membutuhkan bantuan. “Dari sekitar 260 juta penduduk Indonesia, 10% masih hidup di bawah garis kemiskinan. Artinya sekitar 26 juta orang masih belum menikmati hidup layak. Mereka perlu dibantu,” ungkap salah satu pendiri BenihBaik.com ini.

Andy menjelaskan berdasarkan pengalamannya di Kick Andy Foundation (KAF), ternyata banyak sekali orang baik yang selama ini ingin mengulurkan tangan, tetapi tidak tahu siapa yang perlu ditolong dan bagaimana cara menolong. “Di situlah BenihBaik.com berperan menjembatani orang-orang baik tersebut untuk menemukan siapa yang layak mereka tolong. Cara untuk membantu bisa melalui BenihBaik.com.”

 

Mengenal platform crowdfunding

Ketika ditanya bedanya BenihBaik.com dengan platform crowdfunding lainnya, Andy menjelaskan BenihBaik.com memiliki dua pilar utama kegiatan. Pertama, pilar berkaitan dengan kegiatan sosial. Siapa saja bisa memanfaatkan wadah ini untuk mencari bantuan atas masalah yang mereka hadapi. Baik di bidang kesehatan, pendidikan, lingkungan, budaya, bencana alam, dan bantuan sosial lainnya. Kedua, pilar berkaitan dengan kegiatan usaha, terutama yang berjenis kewirausahaan sosial (sociopreneurships).

“Pengusaha-pengusaha kecil bisa memanfaatkan BenihBaik.com untuk menjual produk-produk mereka sekaligus sarana bagi investor untuk mendukung perusahaan-perusahaan setara UMKM yang kami pilih dan tampilkan di BenihBaik.com. Dengan demikian para pengusaha skala UMKM yang mempunyai dampak sosial juga berpeluang mendapatkan investasi melalui platform ini,” ujar Andy. Mengenai kemungkinan masuknya modal dari para investor, Andy menjelaskan saat ini BenihBaik.com sedang melakukan bootstrapping untuk pendanaan. “Semakin banyak yang bergabung, semakin banyak investasi masuk, maka BenihBaik.com akan semakin besar. Dengan begitu akan semakin besar juga dampak yang bisa kami berikan untuk membantu masyarakat,” ujar pembawa acara Kick Andy ini.

Untuk bisa membantu lebih banyak orang, BenihBaik.com menjalin kerjasama dengan beberapa partner diantaranya Grab, OVO, DANA, LinkAja, Telkomsel, Muslimat NU, dan beberapa lagi yang masih dalam proses. Salah satu partner BenihBaik.com, Neneng Goenadi, Managing Director of Grab Indonesia, menuturkan, “Sejalan dengan visi Grab For Good, kami sangat senang bisa turut berkolaborasi dengan BenihBaik.com untuk bersama-sama menciptakan dampak sosial melalui dukungan di bidang kemanusiaan, pemberdayaan UMKM dan wirausahawan mikro di Indonesia. Melalui kerja sama ini, pengguna Grab di 8 negara di Asia Tenggara punya kesempatan untuk dapat berdonasi kepada BenihBaik.com melalui GrabRewards di aplikasi mereka. Harapannya melalui kerja sama ini, Grab dan BenihBaik.com dapat memberikan kesempatan dan juga semangat berbagi dengan sesama ".

Mengakhiri penjelasannya Andy mengaku yakin BenihBaik.com dapat berperan signifikan dalam upaya membantu warga masyarakat yang masih hidup di bawah garis kemiskinan karena karakter orang Indonesia ringan tangan menolong sesama. “Tahun lalu Indonesia dinobatkan sebagai The Most Genereous Country oleh World Giving Index 2018 yang dirilis British Charities Aid Foundation di Inggris. Indonesia ditempatkan sebagai negara dengan penduduk paling welas asih. Artinya masyarakat Indonesia cenderung suka menolong sesama. Ini yang semakin menguatkan kami,” tutupnya.

#GrowFearLess with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
FIMELA FEST 2019: Stop Body Shaming, Mulai Cintai Diri Sendiri dengan 5 Cara Ini
Artikel Selanjutnya
Cara Mudah Jika Ingin Memiliki Brand Kecantikan Sendiri