Sukses

Lifestyle

Chocolate Souffle, Dessert Impian Para Pencinta Cokelat

Jakarta Chocolate Souffle. Mungkin bagi sebagian orang nama ini masih asing terdengar di telinga. Souffle adalah salah satu hidangan yang paling dihormati di Perancis, Fimelova. Hidangan manis yang satu ini adalah sejenis cake ringan yang dipanggang, terbuat dari kuning telur dan putih telur yang dikocok. Umumnya saat akan disantap, permukaan souffle akan dilubangi dan dituangkan aneka saus seperti coklat, vanila atau krim asam. Ciri khas souffle adalah permukaannya yang seperti cake nan lembut namun bagian dalam cake masih lembut, moist dan terkadang meleleh. Hmmmm… sounds yummy!
Yuk, langsung masak bersama chef Putri Wong!

Waktu Membuat: 40 menit
Porsi: 4 orang
Bahan:

    100 ml susu cair
    100 gr dark chocolate compound
    40 gr kuning telur, kocok lepas
    100 gr putih telur
    75 gr gula bubuk
    1 sdm coklat bubuk
    Garam secukupnya

Cara membuatnya:

- Panaskan oven suhu 190C.
- Panaskan susu dengan api kecil. Matikan api dan masukkan coklat, aduk hingga mengental.

- Tambahkan kuning telur yang telah dikocok, aduk hingga rata. Sisihkan.
- Kocok putih telur hingga mengembang dengan menggunakan mixer/ balloon whisk. Beri sedikit garam dan juga gula halus perlahan-lahan, sembari di aduk. Terus aduk hingga putih telur kaku (stiif peak).
- Perlahan-lahan, campur adonan coklat ke dalam adonan putih telur, aduk dengan cara dilipat dan searah mengaduknya. Sisihkan dan jangan terlalu lama diaduk.
- Lapisi ramekins dengan menggunakan mentega dan juga coklat bubuk. Masukan adonan ke dalam ramekins. Panggang selama 10-15 menit.
- Sajikan ketika soufflé masih mengembang.