Sukses

Lifestyle

5 Manfaat Kerjasama ASEAN Bagi Negara Indonesia dan Negara Anggota Lainnya

Fimela.com, Jakarta ASEAN atau Association of Southeast Asian Nations, adalah sebuah organisasi geopolitik dan ekonomi, yang anggotanya merupakan negara yang berada di Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Dengan adanya ASEAN ini, mendatangkan banyak manfaat kerjasama untuk Indonesia, yang memiliki tujuan untuk meningkatkan pertumbuhan dalam dunia ekonomi, kemajuan sosial dan pengembangan kebudayaan antar anggota negara.

Negara Indonesia termasuk salah satu negara yang merupakan pendiri ASEAN. Negara yang tergabung di dalam ASEAN adalah Indonesia, Brunei Darussalam, Kamboja, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand dan Vietnam. Berikut manfaat kerjasama ASEAN bagi negara Indonesia dan negara anggota lainnya, dilansir dari Liputan6.com:

Prinsip ASEAN

Organisasi ASEAN ini dijalankan dengan adanya prinsip, yang harus dipegang teguh oleh setiap negara anggotanya. Berikut prinsipnya:

  1. Menghormati kemerdekaan, kedaulatan, kesetaraan, integritas wilayah, dan identitas nasional seluruh negara anggota ASEAN.
  2. Komitmen bersama dan tanggung jawab kolektif dalam meningkatkan perdamaian, keamanan, dan kemakmuran di kawasan ASEAN.
  3. Menolak agresi, ancaman, penggunaan kekuatan, atau tindakan lainnya dalam bentuk apa pun yang bertentangan dengan hukum internasional.
  4. Mengedepankan penyelesaian sengketa secara damai, tidak mencampuri urusan dalam negeri negara anggota ASEAN, dan menghormati kebebasan yang mendasar, pemajuan dan pelindungan hak asasi manusia, serta pemajuan keadilan sosial.

Tujuan ASEAN

Dengan terbentuknya organisasi antar negara di Asia Tenggara, pastinya memiliki beberapa tujuan yang disepakati semua negara. Berikut tujuan terbentuknya ASEAN:

Meningkatkan Ekonomi

Tujuan pertama terbentuknya ASEAN adalah untuk membantu meningkatkan perekonomian, kemajuan sosial dan pengembangan budaya. Dengan adanya semangat kesetaraan dan kemitraan untuk memperkuat fondasi bagi organisasi negara di Asia Tenggara yang makmur dan damai.

Mempromosikan Perdamaian

Tujuan yang kedua yaitu untuk mempromosikan perdamaian dan stabilitas regional, tetapi tetap menghormati keadilan dan supremasi hukum, untuk menjaga hubungan antara negara-negara di Asia Tenggara dan patuh terhadap prinsip-prinsip Piagam PBB.

Mempromosikan Kolaborasi Aktif

Tujuan yang selanjutnya adalah untuk mempromosikan kolaborasi aktif dan bantuan timbal balik, sebagai dukungan dan perhatian bersama di dalam bidang dalam ekonomi, sosial, budaya, teknis, ilmiah dan administrasi.

Saling Membantu

Dengan berdirinya ASEAN ini, memiliki tujuan untuk saling membantu dan mendukung satu sama lain, dalam bentuk pelatihan dan fasilitas penelitian dalam bidang pendidikan, profesional, teknis dan administrative.

Pemanfaatan Pertanian dan Industri

Organisasi ini juga memiliki tujuan untuk berkerjasama dalam pemanfaatan pertanian dan industri yang lebih besar. Dengan cara memperluas perdagangan, termasuk studi tentang masalah perdagangan komoditas internasional, peningkatan sarana transportasi dan komunikasi, serta peningkatan standar hidup rakyat.

Mempertahankan Kerjasama

Tujuan yang terakhir adalah untuk mempromosikan studi Asia Tenggara dan mempertahankan kerja sama yang saling menguntungkan, dengan adanya organisasi internasional dan regional, dan mengeksplorasi semua jalan untuk kerjasama yang lebih erat antar anggota.

Manfaat Kerjasama ASEAN

Setelah mengetahui prinsip dan tujuan terbentuknya ASEAN, maka kerjasama dalam organisasi ini memiliki manfaat yang baik untuk negara anggotanya, termasuk negara Indonesia. Berikut manfaatnya:

Menciptakan Perdamaian

Manfaat terbentuknya organisasi ASEAN ini, bisa menciptakan stabilitas, perdamaian dan keteraturan di kawasan ASEAN, agar bisa melanjutkan pembangunan di segala bidang dan membantu mendorong Indonesia menjadi negara yang lebih maju.

Menjalin Kerjasama

Manfaat kerjasama dengan ASEAN ini, bisa menjalin kerja sama di bidang pembangunan dan percepatan kemajuan ekonomi, seperti perluasan perdagangan, investasi, kepariwisataan, ilmu pengetahuan dan teknologi, serta bidang Pendidikan.

Memperjuangan Kepentingan Nasional

Manfaat kerjasama bergabung dengan organisasi ASEAN, bisa dijadikan sebagai wadah bagi Indonesia, untuk memperjuangkan kepentingan nasional di Asia Tenggara, untuk kepentingan bersama dalam forum internasional.

Manfaat Politik dan Keamanan

Manfaat kerjasama yang selanjutnya adalah dalam bidang politik dan keamanan. Sehingga negara yang tergabung bisa memelihara perdamaian, keamanan dan stabilitas di kawasan Asia Tenggara, untuk memperjuangkan HAM dan demokrasi.

Manfaat politik dan kemananan ini juga meliputi keamanan kawasan, kesatuan dan sentralisasi ASEAN, sera memberantas kejahatan lintas negara, pertahanan, perdamaian dan stabilitas kawasan, keamanan maritim, HAM, upaya perdamaian dan resolusi konflik.

Manfaat Sosial Budaya

Manfaat kerjasama ASEAN bagi Indonesia yang terakhir, yaitu di dalam bidang sosial budaya ASEAN. Hal ini terbentuk karena adanya orientasi yang berpusat pada masyarakat, untuk memperkuat integrasi ASEAN dan memperkokoh kesadaran, kesetiakawanan, kemitraan dan rasa kebersamaan masyarakat terhadap ASEAN.

Manfaat sosial budaya ini juga meliputi perlindugan perempuan dan anak, kepemudaan, pendidikan, kebudayaan, lingkungan hidup, penanggulangan asap lintas batas, penanggulangan bencana, olahraga, media dan informasi, narkotika, kepegawaian dan kesehatan.

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Tak Hanya Gejala Covid 19, Berikut 7 Penyebab Hilang Indra Penciuman
Artikel Selanjutnya
9 Arti Mimpi Pocong dan Hantu Lainnya yang Menyeramkan