Sukses

Lifestyle

8 Makanan yang Bisa Tingkatkan Imunitas Tubuh selain Susu Beruang

Fimela.com, Jakarta Beberapa waktu lalu, jagat maya dihebohkan dengan kemunculan video yang menampilkan masyarakat tengah menyerbu produk susu beruang atau Bear Brand di salah satu ritel modern. Fenomena panic buying tersebut diduga karena banyak orang yang menilai susu beruang Bear Brand mampu meningkatkan imunitas tubuh sehingga mencegah tertular Covid-19.

Padahal, dokter Tan Shot Yen, pakar gizi dan pendiri Remanlay Institue mengatakan tidak ada studi yang membuktikan bahwa konsumsi susu cair dapat mencegah penularan virus corona.

"Susu evaporasi, UHT, susu cair sejenis, semuanya sama, dengan komposisi yang Anda bisa baca di labelnya," kata Tan Shot Yen, dikutip dari Health Liputan6.com.

Dokter Tan menuturkan untuk meningkatkan imunitas tubuh tidak hanya didongkrak melalui susu. Konsumsi pangan sehat lainnya diimbangi dengan gaya hidup yang sehat juga dapat meningkatkan imunitas tubuh kita. “Mengonsumsi sayur dan buah saja cukup untuk membantu meningkatkan imunitas, sehingga tidak mudah jatuh sakit,” tuturnya.

Selain itu, terdapat beberapa makanan yang dapat meningkatkan imunitas tubuh. Dikutip dari laman CNBC, berikut ini 8 makanan sehat untuk meningkatkan system kekebalan tubuh selama pandemi menurut dokter dan ahli gizi diet.

1. Paprika merah

Paprika mengndung sekitar 211% vitamin C yang dua kali lebih banyak dari jeruk (106%). Institutes of Health  menemukan bahwa vitamin C berkontribusi pada pertahanan kekebalan dengan mendukung berbagai fungsi sel dan dapat menurunkan risiko infeksi pernapasan. Ini juga dapat membantu  pertumbuhan dan perbaikan jaringan dalam tubuhmu

“Asupan vitamin C harian sangat penting untuk kesehatan yang baik karena tubuh kita tidak memproduksinya secara alami,” Dr. Seema Sarin, seorang dokter penyakit dalam di  EHE Health .

2. Brokoli

Brokoli juga kaya akan vitamin C. Setengah cangkir saja mengandung 43% dari nilai vitamin C harianmu.

“Brokoli dikemas dengan fitokimia dan antioksidan yang mendukung sistem kekebalan tubuh kita,” kata Sarin. Ini juga mengandung vitamin E, antioksidan yang dapat membantu melawan bakteri dan virus.

3. Buncis

Buncis mengandung banyak protein, nutrisi penting yang terbuat dari asam amino yang membantu pertumbuhan dan perbaikan jaringan tubuh. Selain itu, menurut Academy of Nutrition and Dietetics, kandungan ini juga dapat  memelihara enzim untuk menjaga sistem kita berfungsi dengan baik.

“Kacang juga dikemas dengan seng, yang membantu sistem kekebalan mengontrol dan mengatur respons kekebalan,” Emily Wunder, ahli diet dan pendiri situs resep bergizi, Healthier Taste.

4. Stroberi

Selain jeruk dan paprika merah, stoberi juga kaya akan vitamin C yang berperan untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh kita.

Oleh karena itu, Wunder merekomendasikan untuk menambahkan buah stoberi ke dalam makananmu sehari-hari. “Seperti ke dalam oatmeal atau di atas roti, mengonsumsi buah stoberi juga memenuhi vitamin C yang dibutuhkan oleh tubuh kita,” ujarnya.

5. Bayam

Bayam kaya akan vitamin C dan penuh antioksidan yang membantu melindungi sel-sel kekebalan tubuh kita dari kerusakan lingkungan. Selain itu, bayam juga memiliki beta karoten , yang merupakan sumber makanan utama vitamin A – komponen penting dari fungsi kekebalan yang tepat.

Seperti brokoli, sebaiknya konsumsi bayam mentah atau sedikit matang. Untuk memasukkan lebih banyak bayam ke dalam makananmu. Sarin menyarankan untuk mencampurnya dalam smoothie, memasaknya dengan telur pagi atau, sebagai lauk yang mudah, menumis ringan dengan bawang putih.

6. Yoghurt

“Yogurt adalah sumber probiotik yang bagus, yang merupakan bakteri baik yang dapat membantu meningkatkan kesehatan usus dan sistem kekebalan tubuh,” kata Sarin. Studi terbaru juga menemukan probiotik efektif untuk melawan flu biasa dan infeksi pernapasan seperti influenza.

7. Biji bunga matahari

“Biji bunga matahari kaya akan vitamin E, yang berfungsi sebagai antioksidan dan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh,” kata Wunder.

Kecil tapi perkasa, hanya satu ons biji bunga matahari panggang kering dapat memberi Anda 49% dari nilai vitamin E harianmu.

8. Makanan laut dan kacang-kacang

Satya Dandekar, professor mikrobiologi dan ketua Departemen Mikrobiologi Medis dna Imunologi mengatakan makanan lainnya yang dapat menjaga sistem kekebalan tubuh adalah makanan laut seperti salmon dan kacang-kacangan seperti almond, kenari, atau kacang tanah.

“Kacang adalah biji tanaman dan mengandung semua nutrisi. Mereka membantu sistem kekebalan dan tubuhmu tetap kuat, kata Dandekar, dikutip dari UC Davis Health.

#Elevate Women

What's On Fimela
Loading