Sukses

Parenting

Pijatan Pasca Operasi Caesar, Perlukah?

Anda yang sedang pemulihan pasca operasi caesar, pastinya sangatlah ingin tubuh Anda nyaman dan sehat kembali. Setelah selama 9 bulan membawa bayi di dalam perut Anda, sudah sewajarnya Anda merasa kelelahan dan sangat ingin beristirahat.


Bagi Anda yang terbiasa dengan pemijatan, mungkin akan sangat merindukan sentuhan pijatan yang dapat merelaksasi tubuh Anda. Nah Bunda, kira-kira apakah boleh pemijatan setelah melakukan operasi caesar?

Dilansir dari babycenter.in, pemijatan yang dilakukan setelah melahirkan berbeda dengan pemijatan normal yang dilakukan kebanyakan orang. Secara turun temurun, pemijatan setelah melahirkan biasanya dilakukan satu minggu setelah melahirkan secara berturut-turut.

Seluruh tubuh akan dipijat untuk membantu memulihkan kesehatan dan rasa sakit pasca melahirkan.
Pemijatan setelah melahirkan dipercaya berfungsi untuk menghilangkan bagian-bagian tubuh yang sakit, mengendurkan urat yang tegang, serta melancarkan sirkulasi darah. Sama seperti pemijatan biasa, pijat ini juga membantu menyatukan sendi-sendi dan meremajakan tubuh Anda.

Namun, tunggu dulu, Bunda. Anda tidak boleh langsung melakukan pemijatan setelah pulang dari rumah sakit. Anda harus menunggu agak sedikit lama setelah Anda melakukan pemulihan setelah operasi caesar.

Pemijatan setelah melahirkan sangatlah nyaman dan bagus untuk dilakukan. Namun, pastikan Anda sudah menghubungi dokter untuk mengetahui apakah Anda sudah siap untuk melakukan pemijatan atau tidak. Hal ini karena beberapa ahli menyatakan bahwa pijatan setelah melahirkan dapat memperparah pendarahan.

Nah, jika nanti Bunda mengalami pendarahan yang tidak berhenti setelah melakukan pemijatan, sudah seharusnya Anda menghentikan pemijatan. Hubungi dokter jika diperlukan.

Oleh: Raisa Fadilla

 

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading