Sukses

Parenting

Normalnya Pada Usia Berapa Anak Mulai Bisa Berjalan?

Fimela.com, Jakarta Ketika memiliki buah hati di rumah, setiap orang tua pasti ingin buah hatinya memiliki tumbuh kembang yang baik. Untuk memantau tumbuh kembang anak ini sendiri, tidak sedikit orang tua yang terkadang merasa cemas, khawatir dan deg-degan. Terlebih lagi, ketika orang tua mendapati buah hatinya mengalami tumbuh kembang yang terbilang lambat jika dibanding dengan teman-temannya.

Ngomongin soal tumbuh kembang anak, umumnya yang sering kali bikin khawatir orang tua adalah kemampuan anak untuk berjalan pertama kali. Kira-kira, pada usia berapa anak normalnya mulai bisa berjalan?

Melansir dari laman babycenter.com, anak atau bayi akan mulai bisa merangkak pada usia 9 - 12 bulan. Dan anak mulai bisa berjalan berada di usia sekitar 14 - 15 bulan. Tapi, jika anak belum bisa berjalan lewat usia 15 bulan, jangan terlalu khawatir Sahabat Fimela. Beberapa anak akan mulai berjalan pada usia 16 sampai 17 bulan. Beberapa lagi bahkan bisa mencapai usia 20 bulan.

Ketika merasa khawatir kenapa buah hati belum bisa berjalan di usianya yang sudah terbilang cukup untuk berjalan, konsultasikan hal ini dengan dokter spesialis anak.

Ajari anak untuk berjalan dengan beberapa cara. Cara tersebut antara lain menitah anak, berdirikan anak dan ajak dia untuk melangkahkan kakinya, ajak anak untuk bermain dengan melibatkan gerakan melangkah dan sering-sering ajari anak untuk berdiri, berpegangan pada benda yang kokoh kemudian mulai melangkah.

 

Loading
Artikel Selanjutnya
Cara Membangun Pola Makan dan Tidur Anak secara Teratur Agar Tumbuh Optimal
Artikel Selanjutnya
Dukung Anak Generasi Maju Tumbuh Maksimal dengan IronC