Sukses

Parenting

Obat Susah Buang Air Besar untuk Anak 2 Tahun

Fimela.com, Jakarta Susah buang air besar  umum terjadi pada balita. Ketika terjadi masalah pencernaan ini si kecil akan sulit mengeluarkan fesesnya hingga terkadang merasa kesakitan. 

Menurut American Academy of Pediatrics, setiap anak yang mengalami susah buang air besar mungkin mengalami sembelit. Umumnya sembelit ditandai dengan tinja yang besar, keras, dan kering yang membuat anak enggan mengeluarkannya karena merasa sakit.

Sebagian besar kasus anak susah buang air besar hanya bersifat sementara. Namun, pada beberapa kasus tertentu, kondisi ini kadang menjadi indikasi adanya masalah serius atau menyebabkan komplikasi.

Terdapat banyak faktor yang dapat menyebabkan anak mengalami sembelit. Hal ini umumnya berkaitan dengan gaya hidup anak. Misalnya penyebabnya, kurang serat dan cairan  karena tidak cukup makan buah, sayur, dan biji-bijian. Padahal, serat dapat mendorong pergerakan usus sehingga memudahkan anak untuk buang air besar.

Terlalu banyak mengonsumsi makanan olahan dapat menyebabkan tinja balita menjadi keras dan kering, sehingga sulit dikeluarkan. Tak hanya itu, perubahan pola makan apapun seperti saat balita beralih dari ASI ke susu formula atau makanan padat juga dapat memengaruhi anak mengalami sembelit.

Bisa juga dikarenakan masalah toilet training, atau latihan pergi ke toilet yang terlalu dini bagi anak, membuat mereka memberontak. Sehingga si kecil kemungkinan menahan diri untuk buang air besar.

Anak pun akan mengabaikan keinginannya untuk BAB, sehingga menjadi kebiasaan. Namun lama kelamaan, tentu hal ini dapat menyebabkan anak mengalami sembelit.

Secara umum, setiap perubahan dalam rutinitas anak, seperti bepergian, cuaca panas, atau situasi stres, dapat memengaruhi kesehatannya secara keseluruhan dan fungsi ususnya.

Untuk mengatasi balita mengalami susah buang air besar,  berikut ini beberapa obat yang bisa diberikan kepada balita termasuk anak 2 tahun.

1. Dulcolax sirup (Dulcolactol)

Dulcolactol menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk mengatasi sembelit pada anak.  Obat ini mengandung lactulose yang dapat membantu melunakkan feses sehingga BAB anak menjadi lancar. Selain karena bentuknya yang berupa sirup sehingga mudah diminum oleh sang buah hati, obat ini juga bisa diberikan kepada anak-anak, bahkan yang berusia di bawah satu tahun.

2. Pure kids Pure Kids Aise Belly Natural 

Obat ini mengandung Anethum Graveolens Seed Oil (terpeneless dill seed oil) Memberikan efek relaksasi pada lambung membantu pengeluaran gas dari rongga perut

Anthemis Nobilis Flower Extract (chamomile extract) Menenangkan dan mengurangi pembentukan gas pada saluran pencernaan.

Feoniculum Vulgare Extract (fennel extract) Membantu pengeluaran gas dari usus dan melancarkan proses buang air besar.

Zingiber Officinalis Extract (ginger root extract) Sebagai antioksidan alami dan mengurangi rasa mual dan mengatasi kembung.

3. Interlac drops 

Obat ini adalah probiotik yang sudah teruji keamanannya dan efikasinya untuk menjaga dan

mengatasi masalah kesehatan saluran cerna seperti diare, sembelit, kolik, gumoh dan kembung.

Kandungannya Lactobacillus reuteri DSM 17938, yaitu probiotik yang bermanfaat untuk menjaga dan mengatasi masalah kesehatan di saluran cerna.

4. Microlax Enema 

Obat pencahar yang menginduksi gerakan peristaltik usus dan melunakkan feses sehingga membantu melancarkan proses Buang Air Besar (BAB) serta mengosongkan usus dari kotoran sebelum dilakukan kolonoskopi atau operasi.

Microlax Enema digunakan melalui rektum dan mengandung beberapa bahan aktif utama yang mendukung dengan mekanisme kerja sebagai berikut 

Natrium lauril sulfoasetat yang bertugas meningkatkan penetrasi air ke dalam feses sehingga dapat dilunakkan dan membantu melancarkan proses BAB.

Sorbitol memberikan efek osmotik yang menyebabkan sejumlah besar air ditarik ke usus besar dan mendorong kotoran untuk dikeluarkan.

PEG 400 bersifat sebagai emolien atau pelumas pada usus besar supaya dapat mempermudah jalan keluar daripada feses.

 

Obat alami

Selain obat medis, orangtua juga bisa menggunakan obat dari bahan-bahan alami seperti:

1. Jus lemon

Campur jus setengah lemon dalam segelas air hangat, tambahkan madu ke dalamnya dan berikan kepada Si Kecil.

Meminumnya di pagi hari akan merangsang anak buang air besar dan membantu meringankan sembelit.

2. Air mineral

Hal utama agar anak bisa lancar BAB dengan rutin memberikannya air mineral.

3. Anggur

Anggur mengandung laksatif alami yang mampu mengatasi sembelit secara efektif. Cobalah untuk mengonsumsi semangkuk kecil anggur atau setengah gelas jus anggur setiap hari untuk menghindari sembelit.

4. Pisang

Pisang dipercaya untuk mengatasi sembelit.Menggabungkan pisang dengan air panas, dan mengkonsumsinya di pagi hari, diketahui dapat membantu pencernaan, yang pada gilirannya bisa membantu meredakan masalah sembelit.

 

#elevate women

What's On Fimela
Loading