Sukses

Parenting

Mengenal Menu MPASI 4 Bintang untuk Maksimalkan Tumbuh Kembang Anak

Fimela.com, Jakarta Saat bayi sudah berusia 6 bulan, sebaiknya ia mendapat asupan makanan lain selain ASI. Para ahli menyarankan agar bayi mendapat makanan pendamping ASI atau MPASI tepat satu hari setelah genap berusia 6 bulan satu hari. Karena apa? Karena asupan berupa ASI saja tidak mencukupi kebutuhan nutrisi yang diperlukan tubuh anak. 

Pada saat memberikan MPASI, mom juga disarankan memberikan menu MPASI 4 bintang untuk bayi. Apa itu menu 4 Bintang?

Menu MPASI 4 Bintang

Menu MPASI 4 bintang adalah menu MPASI yang terdiri dari sumber karbohidrat, Protein Hewani, Protein Nabati, dan sumber vitamin dari buah dan sayur. Saat memberikan menu MPASI ke buah hati, sebaiknya terdapat nutrisi berupa karbohidrat, protein nabati dan hewani serta vitamin dari sayuran hijau maupun buah. 

Untuk bayi yang baru diberi MPASI, kalori yang dibutuhkan tubuhnya setidaknya 200 kkal setiap harinya. Ini sesuai rekomendasi dari UNICEF dan IDAI. selain memberikan sumber nutrisi disebut di atas, Mom juga harus memperhatikan asupan lemak, mineral, zat besi, magnesium, asam folat dan sejenis.

Apa Saja Menu 4 Bintang?

Apa saja kira-kira makanan 4 bintang untuk anak? Makanan ini terdiri dari sumber karbohidrat berupa nasi, kentang, gandum, sereal dan sejenis. Sementara protein, protein bisa dari hewan maupun tumbuhan. Protein dari hewan ada daging sapi, daging ayam, ati, telur dan ikan. Sedangkan protein nabati ada kacang-kacangan atau olahannya seperti tahu, tempe dan susu kedelai. Aneka sayuran hijau maupun sayuran berwarna lain serta buah, tak boleh luput untuk diberikan sebagai menu 4 bintang ke anak. 

Memenuhi nutrisi anak dengan menu 4 bintang, ini bisa memaksimalkan tumbuh kembangnya. Ini juga bisa membantunya memiliki kesehatan fisik yang lebih terjaga dan daya tahan tubuh lebih baik. Semoga informasi ini bermanfaat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading