Resep Ampuh Biar Awet Muda Selalu

Ratna Irina diperbarui 17 Okt 2011, 09:59 WIB
Terlalu banyak party adalah jalur cepat untuk penuaan. Nggak cuma bikin dehidrasi, terlalu banyak minum bisa mempengaruhi penyerapan nutrisi yang membuat kulit kenyal. Berlawanan dengan fakta yang ada, alkohol juga membuat kita susah tidur. Orang yang wajahnya merah setelah segelas wine juga sensitive pada salah satu efek penuaan: pecahnya pembuluh darah dan kulit yang nggak rata. Kalau termasuk orang yang kulitnya gampang memerah, coba pakai krim kulit yang mengandung kedelai with calming ingredients like niacinamide. Bila ingin minum, pastikan nggak lebih dari segelas sehari. 
Pernah dengar beauty sleep? Artinya cukup harafiah. You can be beautiful just by getting enough sleep. Saat seseorang bilang kamu terlihat lelah, artinya kamu terlihat tua! Tidur membuat kulit kita beristirahat dari lingkungan sekitar dan stres dalam diri kita. Tidur adalah saat kulit bekerja untuk memperbaiki sel yang rusak. Dan mengistirahatkan otot wajah dan membuat lapisan yang terdapat pada kulit untuk memperbaharui diri. Usahakan untuk tidak tidur dengan posisi yang sama setiap hari, karena bisa menimbulkan bekas tidur permanen. Telentang merupakan posisi terbaik.
Berolahraga adalah hal yang penting untuk tampilan awet muda. Menurut penelitian, aktivitas fisik yang teratur bisa membalikkan proses penuaan sampai ke faktor genetik. Memperbaiki otot, mengurangi efek stres pada sistem kekebalan dan memperbaiki sirkulasi aliran darah, yang semuanya membuat wajah dan kulit terlihat segar. Selain itu bisa membantu proses perbaikan sel. Hal ini penting karena, saat kita bertambah tua, kemampuan kulit untuk memperbaiki diri menurun. 
Makanan manis bukan cara untuk mempermanis wajah. Sering menyantap karbohidrat yang menghasilkan gula dan makanan manis bisa membuat kulit kehilangan elastisitasnya. Saat gula darah naik, gula yang terdapat pada aliran darah bisa menempelkan diri pada protein yang ada dalam kkulit dan menghancurkan kolagen dan elastin – merusak pertahanan yang membuat kulit kita kuat dan kenyal. Yang terjadi adalah kerutan dan turunnya kulit. Kalau nggak bisa mengurangi karbo, tambahkan protein yang bisa membantu menjaga kestabilan gula darah dan mengurangi perusakan kulit.
Sepertinya jumlah perokok bukannya berkurang, malah bertambah. Sebagai penyebab nomer satu kanker paru-paru, merokok membuat kulit kekurrangan oksigen dan memacu perusakan kulit. Merokok artinya memasukkan langsung zat racun ke dalam tubuh, termasuk kulit dan aliran darah yang memberi makan kulit. Nggak cuma mempercepat penuaan, tapi juga memperbesar resiko kanker kulit dan menurunkan kemampuan tubuh untuk sembuh. Berita baiknya, kamu bisa mengembalikan kapasitas paru-paru dengan berhenti merokok, dan membuat kulit jadi sehat. Perubahannya bisa terlihat dalam beberapa minggu, lho!
Pada dasarnya setiap perempuan harus memiliki produk yang mengandung retinoid, zat yang berasal dari vitamin A yang bisa membalikkan proses penuaan. Hanya dalam empat sampai enam minggu, bisa mengurangi garis halus, meratakan warna kulit, membuat kulit lebih halus dan menghentikan penyumbatan pori-pori. Bisa didapatkan dari dokter kulit atau versi over-the-counter yang lebih dikenal sebagai retinol. Gunakan hanya di malam hari, karena sinar matahari mematikan zat retinol. Jika kulitmu sensitif, coba dulu di salah satu area wajah untuk memastikan kamu nggak alergi. 
Walaupun nggak ada yang pengen hari-harinya diisi stres, banyak orang yang mengenakan stres di wajahnya yang terlihat kusam dan nggak sehat. Stres memang membuat kondisi kulit memburuk, termasuk factor penuaan. Bisa membuat kulit kering, garis dan kerut bertambah dan merusak proses pembaruan kulit. Stres juga membuat kita merokok, minum dan nggak olahraga – yang nggak bagus untuk kulit dan wajah. Kalau nggak bisa menghilangkan sumber stres, coba meditasi.
Nggak terkena matahari langsung bukan alasan tidak memakai sunscreen. Efek dari sinar matahari terjadi secara bertahap dan akumulatif. Kalau membandingkan dua orang yang seumur – satu memakai sunscreen dan satu lagi tidak – si penikmat matahari pasti mempunyai tanda penuaan yang lebih terlihat, seperti bintik hitam, kerutan, kulit berkurang kekenyalannya. Gunakan sunscreen minimal SPF 15 setiap harinya. 
Makanan seperti minyak zaitun, ikan, yogurt, dan buah-buahan serta sayur membantu melindungi kulit dari perusakan yang disebabkan matahari dan penuaan dini. Karoten, anti oksidan yang terdapat pada makanan berwarna orange dan merah (wortel, semangka dan tomat) bisa menjadi zat pelindung kulit. Menurut penelitian, beberapa anti oksidan, yang dikonsumsi dalam bentuk pil, justru menambah resiko kanker. Jadi pilih asupan anti oksidan yang fresh. Jangan takut pada lemak. Kekurangan lemak bisa membuat kulit kering dan nggak kenyal. Konsumsi lemak baik seperti yang terkandung pada alpukat, kacang-kacangan, minyak zaitun dan ikan.