7 Cara Menjaga Mata

Ratna Irina diperbarui 15 Apr 2011, 07:56 WIB

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Makanan seperti buah berry, plum, dan cherry bisa membantu meminimalisir radikal bebas, yang disebabkan oleh faktor lingkungan (seperti sinar matahari dan polusi) dan bisa mempercepat pengerasan pada lensa dan mengakibatkan katarak dan macular degeneration. Macular degeneration adalah berkurangnya penglihatan di tengah bidang visual (macula) karena kerusakan pada retina. Biasanya terjadi pada di atas 50 tahun. Makanlah minimal dua porsi sehari – semangkuk blueberry di saat sarapan, dan jeruk untuk snack sore.
Sayuran crunchy ini, begitu juga sayuran yang berwarna orange lainnya seperti labu dan squash, mengandung beta karoten, karotenoid yang bisa membantu menjaga kesehatan mata.
Sebuah riset menunjukkan bahwa suplemen antioksidan yang mengandung vitamin C dan E, beta karoten, dan mineral seperti tembaga serta zat besi memperlambat pergerakan macular degeneration pada pasien dengan resiko tinggi.
Beberapa riset menunjukkan kalau aerobik bisa mengurangi tekanan dalam mata, membantu mengurangi resiko terkena glaucoma. Olahraga 30 menit tiga kali seminggu – jalan kaki, jogging, menggunakan mesin kardio, atau kelas aerobik.
Yang kita tahu memang bagus untuk kesehatan jantung, tapi riset juga menunjukkan kalau asam lemak omega-3 yang ada pada ikan seperti salmon dan tuna, bisa membantu menjaga lapisan pelindung mata, mengurangi mata kering, bahkan mencegah katarak. Makan dua sampai tiga porsi seminggu, atau minum suplemen minyak ikan setiap hari. Kurangi juga daging merah, karena jika terlalu banyak dikonsumsi bisa menambah resiko macular degeneration.
Bayam, kale, kangkung, dan sayuran berwarna gelap lainnya mengandung lutein dan zeaxanthin, dua zat carotenoid yang bisa mengurangi resiko terjadinya katarak serta degenerasi penglihatan. Coba makan dua porsi sehari – contohnya, segenggam bayam yang di sayur bening saat makan siang dan brokoli di saat makan malam.
Sinar UV adalah salah satu penyebab utama yang bisa membuat lensa mata mengeras serta katarak dan macular degeneration. Bahkan, salah satu yang bisa memperlambat pembentukan katarak adalah dengan UV protection. Artinya penting banget untuk mengenakan kacamata dengan lensa gelap yang bisa menyaring sinar UV sampai 100 persen (baca labelnya) saat kamu ada di luar ruangan. Kalau matahari sangat terik, kamu juga dianjurkan mengenakan topi.