Rahasia Untuk Dapatkan Perut Rata

Fimela Editor diperbarui 17 Nov 2011, 03:59 WIB
Makanlah 4-6 kali sehari setiap 4 jam. Apa? Sampai 6 kali makan? Yes! Banyak orang yang salah aggapan bahwa untuk bisa menguruskan tubuh, kita harus mengurangi makan. Padahal saat kita makan setiap 4 jam, metabolisme tubuh kita akan lebih lancar dan pastinya pembakaran lemak akan lebih cepat. Selain itu, dengan makan secara teratur, porsi makanmu pun akan lebih terkendali.
Dampak dari berkurangnya asupan kalori, tubuhmu pasti akan memberikan reaksi dan mencari cara untuk mengembalikan kekurangan yang diperlukan tubuh. Karena itu, saat kamu merasa ingin mengonsumsi sesuatu, makanlah secara wajar. Ini mencegahmu agar tidak "rakus" saat ada kesempatan mengonsumsi makanan tersebut. Tapi, tentu saja sebisa mungkin jauhi makanan cepat saji dan minuman bersoda.
Konsumsilah makanan sesuai golongan darahmu. Makanan sesuai golongan darah akan lebih mudah dicerna karena lebih sesuai dengan "kebutuhan" tubuhmu. Informasi seputar makanan bisa kamu peroleh lewat berbagai buku. Atau kalau kamu ingin informasi yang lebih meyakinkan, kamu bisa mengunjungi dokter gizi atau dietitian yang kamu percaya. Nggak sedikit orang yang berhasil diet saat mengonsumsi makanan sesuai golongan darah.
Setiap kali makan, wajib ada sayuran hijau di atas piringmu. Konsumsi sayuran hijau bisa menetralisasi zat-zat asam yang masuk ke dalam tubuh karena konsumsi karbohidrat, gula, dan daging.
Jangan lewatkan sarapan. Sarapan adalah ritual makan paling penting sepanjang hari. Setelah tidur malam, tubuh akan memulai kembali bekerja dan mulai membakar lemak yang ada. Karena itu jangan lewatkan ritual sarapan pagi agar nggak kelaparan dan menjadi rakus saat makan siang. 
Konsumsi cukup air putih. Air bisa membantu membuang racun di tubuhmu melalui urin. Selain itu, air juga akan memberikan rasa kenyang lebih lama.
Lakukan olahraga perut. Nggak kuat untuk sit up? Lakukanlah sikap plank. Sikap plank adalah tubuh dalam posisi tiarap yang ditopang dengan ujung jari kaki dan kedua siku tangan. Tahan tubuh dalam posisi ini setidaknya 2 menit dan lakukan 3 kali sehari maka lemak-lemak di perutmu pun akan musnah. Secara bertahap, tingkatkan waktu untuk menahan tubuh dalam posisi seperti ini.