Bangun Pagi Banyak Gunanya, Bukan Mitos!

Fimela Editor diperbarui 01 Des 2011, 12:22 WIB
Bangun pagi = kurang stress Pernah mengalami bagaimana semrawutnya hari kalau kamu bangun kesiangan dan akhirnya berakibat pada terlambat sampai di kantor? Mood dan tingkat stress sangat berpengaruh dengan jam bangun lho, dan kedua hal tersebut bisa dipebaiki dengan jam tidur yang rutin dan lebih pagi. Nggak usah terburu-buru untuk ke kantor, bisa sarapan dengan tenang, hingga bisa berolahraga dulu sebelum berangkat kerja, membuat suasana hati untuk menjalani hari jauh kebih baik dan stress bisa terhindarkan.
Bangun pagi = tidur berkualitas Pemahaman yang umum adalah harus selalu menyamakan waktu tidur agar kualitas tidur selalu terjaga. Tapi, ternyata bukan waktu tidur yang harus tepat waktu, karena jam tidur sebenarnya sangat bergantung pada kuantitas kegiatan selama seharian, program diet yang sedang dijalankan, dan paparan sinar matahari. Jadi, sebenarnya jam bangun tidurlah yang harus tertata di waktu yang sama karena akan menstabilkan ritme sirkadian atau populer dengan istilah body clock. Bila body clock sudah bagus, maka secara otomatis akan meningkatkan kualitas tidur dan membuat tubuh terasa sgar saat bangun. Itulah sebabnya, mereka yang sudah terbiasa bangun pagi tetap bisa beraktivitas dengan baik walaupun tidur larut malam, ketimbang yang sering tidur larut dan bangun siang.
Bangun pagi = lebih banyak waktu istirahat Bila sudah bangun pagi dan sampai di kantor lebih cepat dari biasanya, kamu bisa memulai bekerja lebih awal daripada karyawan lainnya. Dengan demikian, pada pukul 10 pagi dimana biasanya rekan sekantor baru sampai atau masih di perjalanan, kamu sudah mengerjalan porsi pekerjaan lebih banyak dan bisa istirahat lebih lama atau pulang lebih cepat.
Bangun pagi = lebih percaya diri “Bonus” bangun pagi di poin ini adalah kelanjutan dari poin sebelumnya. Jadi, ketika kamu sudah sampai di kantor lebih cepat dan mulai kerja lebih duluan, maka akan semakin banyak hal yang bisa kamu siapkan sebelum menghadapi atasan. Kalau segala persiapan sudah matang, rasanya segala pertanyaan dan tantangan yang diajukan oleh si bos, bisa dihadapi dengan percaya diri.
Bangun pagi = jiwa lebih tenang Nggak hanya menyegarkan raga dan bermanfaat di urusan pekerjaan, bangun pagi juga menyehatkan jiwa. Di saat matahari baru terbit dan pagi masih panjang, kamu mempunyai kesempatan untuk beribadah, membaca buku, bermeditasi, atau berdoa dengan lebih tenang dan khusyuk. Kegiatan-kegiatan tersebut, terutama apabila dilakukan pada pagi hari, sangat dipercaya membuat pikiran dan perasaan lebih lega.