Curi-Curi Tidur Siang di Kala Sibuk, Manfaatnya Luar Biasa

Fimela Editor diperbarui 13 Des 2011, 11:19 WIB
Meningkatkan kewaspaaan dan produktivitas Saat mengantuk, kerja otak melambat sehingga membuat kita bergerak dan berpikir lebih lambat. Hal ini bisa berbahaya bila kamu sedang melakukan aktivitas dengan ketelitian dan kewaspadaan tinggi, seperti menyetir. Bila sudah begitu, segera menepi dan cari tempat aman dan nyaman untuk tidur sekitar 20 menit. Kenapa hanya 20 menit? Karena, tidur 20 menit setelah tubuh terbangun kurang lebih 8 jam lebih mendatangkan manfaat ketimbang menambah jam tidur 20 menit di pagi hari.
Meningkatkan kreativitas Bagi kamu yang bekerja di dunia keatif, hilangnya kemampuan mendapatkan ide-ide segar pasti sungguh bahaya. Bila ini kamu alami, quick nap perlu dilakukan, karena saat otak sudah diistirahatkan sejenak, otak mampu menciptakan pencerahan yang bisa melahirkan ide baru. Beristirahat seenak sama sekali bukan hal yang salah karena quick nap bisa disamakan dengan kebutuhan “me time” yang secara psikologis memang dibutuhkan.
Kualitas  kesehatan lebih baik Secara umum, tidur adalah kegiatan yang diperlukan tubuh, dan perasaan mengantuk atau tubuh lemas adalah gejalanya tubuh perlu diistirahatkan. Tidur singkat ini sendiri, mampu mengoptimalkan fungsi jantung dan cara kerja sel-sel tubuh, sehingga badan akan terasa lebih bugar dan mampu bekerja lebih cepat. Tidur singkat juga mampu mengurangi keinginan untuk mengonsumsi kafein yang bila terlalu banyak dikonsumsi nggak berefek baik untuk tubuh.
Anggapan bahwa tidur siang itu adalah kebiasaan malas, tampaknya perlu kamu tepis jauh-jauh, karena mantan Presiden Amerika Serikat Bill Clinton, seniman Leonardo da Vinci, hingga atlet sepeda Lance Armstrong, adalah beberapa figur terkenal yang sudah membuktikan keefektifan tidur singkat dalam produktivitas kegiatan mereka.
Tidur singkat dibagi ke dalam beberapa kategori. Micro Nap berdurasi 2-5 menit yang hanya menghilangkan rasa kantuk, Mini Nap berdurasi 5-20 menit untuk meningkatkan kewaspadaan, stamina, dan cara kerja motorik otak, serta Original Power Nap yang menggabungkan manfaat Micro dan Mini Nap dengan nilai tambah dapat memperbaiki daya ingat. Bila tidur dilakukan dengan durasi 50-90 menit dikatakan Lazy Man’s Sleep yang baik untuk meningkatkan hormon pertumbuhan serta memperbaiki tulang dan otot.