Vending Machine, Mesin Modern yang Akan Menggeser Peran Manusia?

Fimela Editor diperbarui 03 Jan 2012, 09:59 WIB
Baguette sebagai makanan pokok warga Prancis, kini semakin mudah didapatkan berkat vending machine yang menjual roti panjang bertekstur kering dan keras ini. Biasanya, mesin ini diletakkan di depan toko roti dan maksud dari adanya mesin ini adalah memudahkan siapa saja yang ingin mendapatkan baguette kapan pun mereka mau, bahkan di tengah malam sekalipun.
Jepang sebagai “negara vending machine”, memang sangat bervariasi dalam menjajakan barang via mesin. Termasuk, vending machine yang menjual telur ayam yang sangat rentan pecah.
Selain panganan, di Jepang juga bisa ditemukan vending machine yang menjual dasi. Bagi mereka yang terburu-buru mencari dasi, mesin ini pasti sangat berguna.
Menunggu tanpa punya buku bacaan pasti akan terasa sangat membosankan. Itu sebabnya, di Gatwick Airport, London, tersedia vending machine yang memberikan pilihan ingin membeli buku apa untuk dibaca sembari menunggu jadwal keberangkatan pesawat.
Pizza adalah makanan yang rumit untuk dimasak? Belum tentu, karena tersedia vending machine yang bisa menyediakan pizza hangat dan lezat dalam waktu 3 menit. Dalam mesin ini diletakkan air, tepung, saus tomat, dan berbagai sayuran segar sebagai bahan pembuat pizza. Mesin ini juga menyediakan jendela sehingga pelanggan bisa melihat sendiri proses pembuatan pizza yang mereka pesan. Let’s Pizza, nama vending machine ini, diciptakan oleh Claudio Torghele, seorang wiraswasta asal Rovereto, Italia. Mesin ini tersebar di seluruh penjuru Britania Raya dan tentu saja negara asal pizza, Italia.
Kehabisan pensil? Tenang, ada vending machine yang menjual pensil siap pakai atau yang populer dengan istilah No. 2 pencil. Pensil khas Amerika ini berwarna kuning yang awalnya dimaksudkan sebagai pembeda dari pensil-pensil yang lain yang biasanya berwarna gelap atau bahkan nggak diwarnai sama sekali. Dimulai dari tahun 1890, perusahaan produsen pensil asal Hungaria, menggunakan warna bendera Hungaria pada produk mereka dan bertahan hingga kini. Mesin penjual pensil ini biasanya diletakkan di dalam ruang kelas sekolah.
Budaya membaca warga Prancis yang sangat kental, menciptakan vending machine yang menjajajakan komik. Ya, komik Prancis memang nggak kalah menarik dengan manga atau komik Jepang.
Beli mobil dari vending machine? Mungkin itu masih belum bisa terwujud, tapi SmartCar, produsen mobil Smart yang hanya bisa ditumpangi oleh dua orang ini, membuat vending machine untuk menarik perhatian para pengunjung pameran di sebuah konvensi mobil di China. Nice idea, by the way!