Hati-hati, Banyak Bicara Bikin Perut Buncit!

Fimela Editor diperbarui 08 Mar 2012, 08:59 WIB
Buang kebiasaan yang membuat banyak angin masuk ke tubuhmu, seperti mengunyah permen karet, minum  dengan sedotan, merokok, dan, yang paling sulit, banyak bicara saat makan!
Roti dan pasta bisa menyebabkan perutmu menahan banyak air, jadi sebelum tidur jauhkan mereka dari matamu agar tak membuat gembung perutmu dan mengganggu waktu tidur karena harus bolak-balik kamar kecil untuk buang air kecil.
Gelembung dalam minuman bersoda manjur bikin perut buncit. Jadi, kalau kamu masuk angin dan berniat mengeluarkan udara di tubuh dengan meminum minuman bersoda, lebih baik urungkan. Minuman bersoda justru akan meninggalkan banyak gelembung udara di perutmu.
Beberapa orang sulit mencerna pemanis buatan, terutama kandungan sorbitolnya, yang ditemukan di permen bebas gula. Ini yang menyebabkan perut penuh dengan gas sampai diare. Kalau kamu salah satunya, lebih baik mengonsumsi sedikit gula ketimbang pemanis buatan.
Jika perutmu terlihat bengkak sebelum dan ketika datang bulan, kamu harus memenuhi kebutuhan kalsium tubuhmu, sekitar 1.200 mg per hari, dan magnesium, 200-400 mg per hari, karena kedua nutrisi tersebut bisa membantu mengurangi gejala PMS, termasuk perut buncit.
Untuk mengurangi gas, coba pijat ringan perut bagian saluran cernamu. Tekan jarimu di daerah dekat pinggang sebelah kanan, naik kemudian turun ke daerah usus besar dengan arah melingkar. Lakukan berulang kali.