Yang Perlu Kamu Tahu Tentang Konsumsi Bahan Kimia

Fimela Editor diperbarui 09 Mei 2012, 07:45 WIB
Karena itu, nitrogen cair dimanfaatkan untuk membantu mengeraskan zat cair dan banyak juga digunakan untuk membuat es krim secara instan. Salah satu restoran yang terdapat di kawasan Kuningan, Otel Lobi, menyajikan sebuah menu cocktail yang dibuat dengan menggunakan nitrogen cair. Mixologist Otel Lobi memeragakan bagaimana membuat sebuah cocktail yang biasanya hanya bisa dinikmati dengan cara diminum menjadi sebuah cocktail yang bisa dimakan layaknya es krim.
Ya, nitrogen cair memang biasa digunakan untuk mengeraskan zat cair secara instan. Sebagai salah satu senyawa kimia, tentu dalam memperlakukan nitrogen cair ini tetap diperlukan sikap hati-hati. Harus dipastikan bahwa nitrogen cair ini disimpan dalam tempat aman tanpa ditutup karena tekanan yang ditimbulkan nitrogen cair bisa menimbuilkan ledakan jika disimpan dalam tempat tertutup.
Dan ternyata, bahan kimia memang melekat erat dengan kehidupan kita sehari-hari. Penggunaan sampo, pasta gigi, detergen, dan pastinya berbagai minuman manis yang seirng kamu konsumsi adalah contoh nyata kecil yang membuktikan bahwa senyawa-senyawa kimia tidak bisa dilepaskan dari kehidupan kita sehehari-hari.
Misalnya saja pada detergen, detergen mengandung Surfaktan Biodegrable, yakni salah satu zat kimia yang berfungsi mengangkat kotoran pada pakaian. Sedangkan pada pasta gigi, salah satu produk yang setiap hari digunakan dan sangat mungkin tertelan, flouride adalah salah satu zat wajib yang digunakan pada pasta gigi karena dipercaya bisa mencegah gigi berlubang.
Nggak hanya itu, kamu sadar nggak sih kalau makanan dan minuman yang kamu konsumsi selama ini juga mengandung berbagai zat kimia yang berbahaya bagi kesehatan tubuh. Sirup, minuman isotonik, sambal, makanan kalengan, dan minuman serbuk seringkali dikonsumsi tanpa dipedulikan efek sampingnya. Natrium Benzoat adalah zat kimia umum yang terdapat dalam makanan dan minuman kemasan. Natrium Benzoat sering digunakan sebagai bahan pengawet pada minuman serbuk, kalengan, saus botol, dan soft drink. Natrium Benzoat termasuk ke dalam daftar zat kimia yang diperbolehkan untuk digunakan sebagai bahan pangan.
Penggunaan dan konsumsi zat kimia dalam kadar tertentu juga pastinya akan memberikan efek tertentu pada kesehatan kita. Penggunaan Natrium Benzoat dalam jangka panjang bisa menjadi pemicu timbulnya penyakit lupus, menimbulkan bengkak akibat tertahannya cairan dalam tubuh, dan juga kanker karena Natrium Benzoat merupakan salah satu zat karsinogenik.
Banyaknya penggunaan zat kimia dalam kehidupan kita sehari-hari menyebabkan banyak bermunculannya produk-produk rumah tangga organik yang ramah lingkungan dan juga aman untuk tubuh. Tidak bisa dipungkiri bahwa zat kimia memang erat dengan kehidupan kita sehari-hari. Namun tentu, untuk menggunakan atau tidak menggunakan bahan kimia sepenuhnya adalah hak kita untuk memilih. Pasar sudah menyiapkan berbagai produk ramah lingkungan, organik, dan produk kimia; sekarang tinggal kita yang harus cerdas dalam memilih.