Hollywood Walk of Fame, Bintang Emas Pemicu Kontroversi

Fimela Editor diperbarui 21 Sep 2012, 10:58 WIB
Muhammad Ali Tidak semua orang bisa menikmati pertandingan tinju, tapi nyatanya Muhammad Ali sebagai petinju legendaris, dianugerahi bintang emas ini. Ia dianggap pantas menerimanya karena pertandingan tinju dianggap sebagai bentuk dari live performance, bukan sekadar pertandingan olahraga. Hal lain yang membuat Walk of Fame untuk Muhammad Ali unik adalah ia nggak ingin bintang emas yang tertulis namanya diletakkan di lantai sepanjang Hollywood Boulevard, melainkan di dinding. Permintaan khusus itu didasarkan dari ajaran agama Islam soal kesucian, juga karena menghormati nama depannya yang merupakan nama nabi.
Ashley & Mary Kate Olsen Karier akting mereka yang cemerlang, lalu setelah beranjak besar tetap bersinar dengan bisnis fashion mereka,  membuahkan sebuah penghargaan Walk of Fame untuk kakak beradik ini di tahun 2004. Tapi, bukannya mendapat bintang untuk masing-masing, mereka hanya mendapat joint star, dengan pertimbangan mereka terkenal sebagai pasangan kembar, bukan berdiri seorang diri.
Barbra Streisand Aktris dan penyanyi sekaliber Barbra, memang sangat pantas menerima penghargaan ini. Namun, sangat disayangkan saat penganugerahan bintang tersebut di akhir Maret 2012 lalu, Barbra tidak hadir. Padahal, Chamber of Commerce mengharuskan bintang yang masih hidup untuk hadir agar bisa menerima langsung penghargaan tersebut, bukan diwakilkan. Kabarnya, Barbra terlalu diva hingga melewatkan acara penyerahan penghargaan untuk dirinya sendiri. Namun, pihak dari aktris berhidung unik mengatakan bahwa ia tidak bisa datang karena harus bekerja.
Thomas Alva Edison Memang kita harus banyak berterima kasih dengan Edison atas penemuannya terhadap lampu, yang menjadi sumber penerangan utama di masa modern ini. Namun, bukan itu saja yang berhasil ditemukan olehnya, karena ia pun banyak menciptakan alat-alat yang mendukung industri film. Berdasarkan pertimbangan tersebut, Chamber of Commerce pun dengan senang hati menganugerahkan bintang emas itu kepada sosok Edison atas jasanya yang begitu besar. Tanpanya, bisnis perfilman dunia mungkin akan berbeda sekarang.
Charles Chaplin Menjadi legenda di era film bisu, Charles Chaplin ternyata tidak begitu disukai ketika dipersiapkan untuk menerima Hollywoof Walk of Fame. Kontroversi tentang paham politiknya yang bertentangan dengan Amerika Serikat sampai masalah pribadinya, membuat jalan Chaplin untuk menerima bintang emas tersendat. Di tahun 1956, ia sudah terpilh, namun mendadak dibatalkan. Di tahun 1972, tahun yang sama ia mendapatkan Honorary Award di ajang Oscar, ia akhirnya mendapatkan Walk of Fame tersebut. Namun, keptususan Chamber of Commerce diprotes banyak pihak karena menganggap Chaplin tidak pantas untuk dihargai.