Snow White dan Batman, Dulu Cerita untuk Anak, Sekarang Konsumsi Dewasa

Agus Purwanto diperbarui 28 Nov 2012, 09:45 WIB
The Dark Knight Rises (2012)  This is one of the most anticipated movie in 2012. Film superhero kelelawar ini adalah yang ketiga dan terakhir dari rangkaian film Batman garapan Christopher Nolan. Sejak Batman Begins (2005) dan  The Dark Knight (2008), Nolan seakan-akan selalu berusaha mengangkat kisah Batman lebih berbobot dari installments sebelumnya. Batman digambarkan bukan hanya superhero yang ‘selalu ada untuk melawan kebajikan’, namun sisi humanis Bruce Wayne yang merupakan manusia dibalik topeng kelelawar inilah yang menjadi yang diangkat. Dengan demikian, penggemar dapat merasa lebih dekat dengan karakter Batman. The Dark Knight Rises langsung dimulai dengan alur delapan tahun setelah kematian Harvey Dent (yang menjadi ending dalam film The Dark Knight) dan menghilangnya Batman karena konflik batin yang dimiliki oleh Bruce Wayne. Masih diperankan oleh Christian Bale sebagai Batman/Bruce Wayne, Gary Oldman sebagai James Gordon; The Dark Knight Rises menghadirkan line-up bintang-bintang Hollywood seperti Tom Hardy, Joseph Gordon-Levitt, dan akting memukau oleh Anne Hathaway sebagai Catwoman. 
Abraham Lincoln: The Vampire Hunter (2012)  Apa jadinya kalau Presiden AS punya secret identity sebagai pemburu vampir? Then try to watch this movie. Film Amerika ber-genre action fantasy horror ini diambil dari mashup novel dengan judul yang sama. Bercerita tentang Abraham Lincoln, presiden ke-16 Amerika Serikat, dengan perjalanannya yang ternyata adalah seorang vampire hunter. Film ini disutradarai dan diproduseri oleh Timur Bekmambetov dan Tim Burton. Karakter pemburu vampir ini diperankan oleh Benjamin Walker. Kabarnya, Walker berhasil menyingkirkan  Adrien Brody, Josh Lucas, dan James D’Arcy untuk peran ini. Review film ini beragam. Bagi yang memberikan low rating, mereka menganggap film ini kurang berhasil mencampurkan dua genre yang berbeda (historical epic dan monster movie). Sedangan beberapa yang lain cukup puas dengan visual style yang disuguhkan. Bila tertarik nonton, hati-hati, jangan sampai tertukar dengan film Lincoln garapan Steven Spielberg ya!
Oz The Great and Powerful (2013)  Film produksi Disney ini memang baru akan rilis tahun 2013 nanti, namun dilihat dari trailer nya pasti bikin kita langsung membandingkannya dengan Tim Burton’s Alice in Wonderland (bahkan posternya pun memiliki sentuhan yang hamper sama). Diangkat dari novel The Wonderful Wizard of Oz (1900) karya L. Frank Baum; film ini bukan berkisah tentang Dorothy yang terjebak di Oz, melainkan cerita asal mula The Great and Powerful Wizard of Oz muncul. James Franco kembali bekerja sama dengan Sam Raimi, Sang Sutradara, setelah original Spider-Man trilogy. Kali ini perannya sebagai Oscar Diggs/The Wizard of Oz, akan ditemani oleh Mila Kunis sebagai Theodora, Michelle Williams sebagai Glinda, dan Rachel Weisz sebagai Evanora. Apakah film petualang fantasi ini juga akan mengulang kesuksesan Alice in Wonderland dengan keabsurdan dan twisted story-nya? Well, let’s see!
Hansel and Gretel: Witch Hunters (2013)  Rumah kue yang menjadi ciri khas dongeng kakak beradik Hansel dan Gretel mungkin hanya akan muncul sebentar di film ini. The rest is about hunting down the witch. Lima belas tahun berlalu setelah kejadian yang menimpa Hansel dan Gretel di gingerbread house, mereka berdua tumbuh menjadi pasangan bounty hunters dengan memburu dan membunuh penyihir tanpa ampun. Film bergenre action-adventure horror ini termasuk salah satu debut Tommy Wirkola sebagai sutradara. Hansel dan Gretel sendiri masing-masing akan diperankan oleh bintang muda, Jeremy Renner dan Gemma Arterton. Film ini siap rilis 3D pada Januari 2013 nanti.