Keuangan Menipis di Akhir Bulan, Kencan Tetap Seru dengan 7 Ide Ini!

Fimela Editor diperbarui 22 Jan 2013, 03:59 WIB
2# Iswandari (25, submission specialist) How: Ubah pola makan Why: Kalau tempat tinggal dan kerja jauh, mau-tidak mau cuma bisa ketemu pasangan Sabtu atau Minggu, atau selama dua hari itu. Nah, menyiasatinya supaya tetap irit ya dengan mengubah jam makan bareng. Kalau malam makanan lebih variatif, mahal dan menggoda lidah untuk nyemil ini-itu. Belum lagi jalanan macet. Jadi lebih baik makan bareng saat sarapan, atau brunch misalnya, jelas lebih murah dengan pilihan menu standar.
3# Dota (27, visual artist) How: Manfaatkan promo kartu kredit Why: Banyak restoran dan butik yang memberikan fasilitas istimewa untuk pemegang kartu tertentu, apalagi kalau bukan diskon tambahan. Tuh, manfaatkan dengan pintar. Lumayan kan, dapat potongan mulai dari 10 sampai 50%. Jatah makan atau belanja sisanya bisa buat jajan yang lain. Tapi, bukan berarti sebentar-sebentar mengeluarkan kartu kredit. Tetap sesuaikan dengan jatah pengeluaran yang ada supaya tidak lapar mata. Kebetulan pasanganku irit (kalau tak mau dikatakan pelit), tapi dari sana justru kita harus sama-sama kreatif mengakali keuangan.
4# Anindita (26, writer) How: Nebeng jalan orangtua atau calon mertua Why: Ini nih, sambil menyelam minum air. Pertama, tanpa merogoh kantong sudah bisa makan enak, cuci mata, pokoknya gratis tis! Kedua, bisa sekalian pendekatan ke keluarga pasangan. Eh, tapi jangan lupa sesekali membawa "buah tangan" saat berkunjung supaya niat nebeng nggak begitu kentara!
5# Nitri (26, entrepreneur) How: Wisata alam, seni, museum, dan lain-lain yang murah meriah Why: Selama ini aku dan pasangan memang hobi mengunjungi pameran seni, museum, atau menghabiskan weekend untuk berolahraga di taman-taman kota. Niat awal memang karena suka, tapi akhirnya sadar juga kebiasaan kami ini membuat aman kantong. Kalau tiap kencan larinya ke mall bahaya, tuh. Di luar mall, justru kita bisa menemukan dunia lain, tempat seru untuk belajar, dan fun karena tiap tempat atau event punya atmosfer berbeda.
6# Karline (22, mahasiswi, freelancer) How: Rumah, tempat favorit berduaan. Why: Ehm, jangan berpikir yang tidak-tidak dulu. Rumah sebenarnya memang tempat paling strategis untuk mendekatkan diri dengan pasangan tanpa perlu keluar ongkos, (kecuali ada abang-abang bakso atau siomay lewat!). Di rumah, biasanya aku dan pasangan mengisi waktu dengan bermain game, menonton film, dan yang pasti makan masakan nyokap yang gratisan. Atau, sebelum jalan sama pacar, isi perut berdua dulu sampai kenyang. Jadi, di jalan nanti tak perlu keluar uang selain bensin.
7# Dian (27, sales & marketing staff) How: Jelajah kaki lima Why: Seru, nih! Asal tempatnya bersih, tak masalah mengajak kekasih sedikit prihatin, apalagi di akhir bulan. Satu pesenku, jangan sampai tertipu warung tenda, ya! Di beberapa tempat, harga yang dipatok warung kaki lima bisa jauh banget sama warteg, selangit! Makanya, sering-sering bertukar info sama teman tentang jajanan kaki lima yang enak plus murah-meriah, dan mulai deh cicipi satu per satu. Pada intinya supaya irit, tapi pakai alasan wisata kuliner, biar keren sedikit. Hehehe….