Wajib Tahu, Cara Menyikat Gigi yang Benar!

Fimela Editor diperbarui 08 Apr 2013, 05:59 WIB
Don’t brush too often Beranggapan kalau semakin sering menyikat gigi artinya semakin bersih? Wrong! Terlalu sering menyikat gigi bisa menimbulkan iritasi pada bagian gusi dan juga akar gigi. Tahukah kamu, kalau waktu menyikat gigi yang disarankan itu adalah 2-3 kali dalam sehari? Selalu awali harimu dengan menyikat gigi pada pagi hari setelah sarapan dan akhiri juga dengan menyikat gigi pada malam hari menjelang tidur. Mau cantik tidak boleh malas!
Have more time to brush Berapa lama waktu yang kamu habiskan saat menyikat gigi? Don’t even count it? Normalnya, waktu yang dibutuhkan untuk menyikat gigi itu mulai 2-3 menit. Tidak usah terlalu lama juga, waktumu kan bukan hanya untuk menyikat gigi. Waktu 2-3 menit itu dirasa pas untuk membersihkan semua bagian gigi secara optimal. Merasa dua menit terlalu lama? Just humming. A dentist recommends “Row..Row..Row Your Boat” song to be sung while you’re brushing your teeth. Try it!
Change the part Biasanya mulai menyikat gigi dari bagian mana? Belakang? Depan? Atas? Bawah? Mau dari mana pun, pastikan saat menyikat gigi semua permukaan gigi kena bagian disikat. Nah, bagi sebagian orang, menyikat gigi merupakan aktivitas yang cukup membosankan. Jadi sering disepelekan dan sering dibuat terlalu singkat agar cepat selesai. Agar tidak merasa bosan, variasikan cara menyikat gigimu dengan menggonta-ganti bagian awal menyikat gigi. Rekomendasi dokter gigi pada poin sebelum ini juga bisa digunakan untuk menghilangkan rasa bosan saat menyikat gigi.
Move to your tounge Masih ingat kan kalau bagian mulut itu bukan cuma gigi dan gusi? Ada lidah juga di sana. Dan tahukah kamu, kalau lidah juga berperan besar sebagai tempat berkembangbiaknya bakteri yang menyebabkan bau mulut? Oleh karena itu, maksimalkan ritual menyikat gigimu dengan membersihkan bagian lidah juga. Di pasaran banyak dijual alat pembersih lidah yang digunakan dengan gerakan dari bagian pangkal lidah ke ujung lidah. Go get rid those bacterias!
Look closer Punya cermin di kamar mandi? Kalau punya, gunakan cermin ini untuk memaksimalkan cara menyikat gigimu. Menyikat gigi itu bukan cuma soal gerakan, tapi juga soal bagian yang ‘dihampiri’ si sikat gigi. Pastikan bulu sikat bukan hanya menyentuh permukaan gigi saja, namun juga menyentuh bagian gusi. Antara gusi dan gigi banyak terdapat plak lho! Perlahan sikat gusimu dengan gerakan atas ke bawah untuk bagian gusi atas dan sebaliknya untuk gusi bagian bawah. Pilih sikat gigi dengan bulu yang halus agar tidak merusak email dan gusi.