Luna Maya: Proses Memaafkan itu Tak Mudah, Butuh Bertahun-tahun

Ruben SilitongaSutikno diperbarui 20 Mei 2020, 07:53 WIB
Dalam chanel Daniel Mananta Network, Luna menceritakan hingga akhirnya bisa keluar dari masalah berat dalam hidupnya, yakni beredarnya video syur bersama Ariel di masyarakat luas. (Youtube/Daniel Mananta Network)
"Jadi gua penasaran sih, prosesnya untuk bisa sampai akhirnya memaafkan Ariel itu seperti apa," tanya Daniel Mananta seperti dikutip dari chanel Youtubenya, Daniel Mananta Network yang diunggah 19 Mei 2020. (Youtube/Daniel Mananta Network)
Dengan perlahan, perempuan kelahiran Denpasar Bali itu menceritakan prosesnya, hingga pada akhirnya bisa melepaskan beban berat yang pernah dirasakan. (Youtube/Daniel Mananta Network)
"Proses memaafkan itu gak gampang. It took years, bertahun-tahun. Pertama, pasti akan menjadi orang yang akan menjadi bitter dulu. Hidup rasanya berat, kayak punya beban, tidur enggak nyenyak," jawab Luna. (Youtube/Daniel Mananta Network)
Luna menambahkan, ketika mendengar berita orang-orang yang belum dimaafkan dalam kasusnya tersebut, semakin membuat tertekan. Dalam kondisi terpuruk itu, Luna kembali bersemangat atas omongan singkat Edric Tjandra. (Youtube/Daniel Mananta Network)
"Dia pernah ngomong gini sih, 'Lun penyakit hati tuh bisa jadi penyakit badan lho'. Menurut kepercayaan agamanya kan gitu. It hit me," kata Luna Maya. (Youtube/Daniel Mananta Network)
"Cuma satu kalimat itu dan tiba tiba bisa merubah semuanya," tanya Daniel. "Iya, gua pulang, gua mikirin. Iya ya, bener juga sih. Di medis aja kita stress aja bisa mah. Itupun secara medis sudah terbukti," kata Luna. (Youtube/Daniel Mananta Network)
Setelah itu, ia berusaha untuk pasrah dengan masalah besar yang dihadapinya. Pertama yang dilakukan adalah memaafkan diri sendiri dulu. Karena, selama ini telah menyiksa dirinya sendiri begitu lama, dan kemudian memaafkan Ariel NOAH. (Youtube/Daniel Mananta Network)