Divonis Kanker Ovarium, Ini Pesan Feby Febiola untuk Perempuan

Ruben SilitongaSutikno diperbarui 23 Jul 2020, 20:38 WIB
Perempuan 42 tahun itu menceritakan hingga pada akhirnya didiagnosa kanker ovarium stadium 1. Selama ini, ia mengaku tidak merasakan gejala apapun. (Foto: Instagram @febyfebiola_)
“Sakitnya itu kanker ovarium satu, sih begitu,” kata Feby Febiola dalam sesi tanya jawab daring di fitur Instagram Stories, pada Rabu (22/7/2020) seperti dilansir dari Liputan6. Pengakuan ini mengejutkan banyak orang. (Foto: Instagram @febyfebiola_)
Perempuan yang namanya melejit lewat sinetron Tersanjung itu lantas menceritakan awal sel kanker di indung telur itu berasal dari tumor. Kini, tumor sudah diangkat, dan melanjutkan pengobatannya. (Foto: Instagram @febyfebiola_)
Feby juga menjelaskan pertanyaan warganet yang hingga akhirnya artis senior itu memilih opsi kemoterapi. Yang efek sampingnya rambutnya rontok dan kemudian Feby memotongnya pendek. (Instagram/febyfebiola_)
“Pokoknya untuk jaga-jaga supaya sel kankernya tidak ke mana-mana. Sebenarnya dikasih option sama dokter mau kemoterapi atau tidak.” ujar perempuan yang mengawali karier sinetron sejak tahun 1998 ini. (Instagram/febyfebiola_)
Kini, pemeran dalam sinetron Ganteng Ganteng Serigala Returns itu mengaku kondisinya semakin membaik setelah kemoterapi. Ia juga menceritakan kemoterapi saat ada wabah pandemi. (Instagram/febyfebiola_)
“Cuma pakai masker terus juga jaga kebersihan itu saja. Kemo pertama dirawat inap jadi masih aman. Yang kedua ketiga mesti berhati-hati karena itu ramai-ramai. Di rumah sakit umum begitu. Paling-paling (saya) pakai masker dan APD,” kata Feby Febiola. (Foto: Instagram @febyfebiola_)
Dalam perbicangan tersebut, Feby mengaku tidak merasakan gelaja apa-apa sebelum akhirnya dokter mendiagnosa menderita kanker ovarium. Penyakit itu diketahui setelah cek ke dokter kandungan. (Instagram/febyfebiola_)
Perempuan kelahiran Jakarta ini pesan kepada perempuan untuk rutin periksa kandungan. "Di USG terus ketahuan, buat kalin rajin chek up aja paling nggak tujuh bulan sekali," kata Feby Febiola. (Instagram/febyfebiola_)