6 Kue Tradisional dari Ketan yang Mudah Dijumpai

Baiq Nurul Nahdiat diperbarui 13 Jul 2021, 10:45 WIB
Getas terbuat dari campuran tepung ketan, santan, parutan kelapa dan bahan lainnya. Yang menjadikan getas sangat enak, karena bagian luarnya dilapisi dengan saus gula pasir. Kue tradisional juga masih banyak ditemukan di pasar-pasar tradisional. (Shutterstock.com/ PurMoon)
Kue yang satu ini juga banyak penggemarnya, lupis memiliki bentuk segitiga dan terbuat dari beras ketan. Kue lupis disantap dengan baluran kelapa parut dan saus gula merah. Kue lupis juga bisa dinimati bersama kue lainnya, seperti serabi, cenil dan ketan. (Shutterstock.com/ Ika Rahma H)
Kue wajik juga biasa dijadikan hidangan dalam acara pernikahan, kue ini terbuat dari campuran beras ketan, santan, gula merah dan bahan lainnya. Proses pembuatannya yang cukup lama membuat kue ini awet hingga beberapa hari (Shutterstock.com/ Ika Rahma H)
Berbahan utama ketan, cara membuat kue gemblong ini masih mirip dengan cara membuat kue getas. Hanya saja, gemblong menggunakan saus gula merah pada lapisan luarnya. (Shutterstock.com/LUCKY PEOPLE)
Termasuk kue tradisional yang populer karena banyak digemari, lemper terbuat dari beras ketan yang dimasak dan didalamnya diberi suiran ayam yang dimbumbui lalu dibungkus daun pisang. Lemper juga bisa dinikmati dengan dibakar terlebih dahulu. (Shutterstock.com/ Ika Rahma H)