Potret Pengajian 4 Bulanan Kehamilan dan Tradisi Mosok Nikita Willy

Sutikno diperbarui 08 Nov 2021, 12:00 WIB
Tidak hanya pengajian untuk kehamilannya yang sudah mulai masuk usia empat bulan, dalam acara tersebut juga sekaligus menggelar prosesi tradisi mosok. (Instagram/nikitawillyofficial94)
Beberapa potret acara dibagikan di akun instagram Nikita Willy. Acara pengajian dan prosesi adat ini menggunakan adat Lampung. (Instagram/nikitawillyofficial94)
"Pengajian syukuran 4 bulanan & prosesi musok (pemberian gelar adat Lampung)," tulis nikitawillyofficial94 pada unggahan 7 November. (Instagram/nikitawillyofficial94)
Melansir dari voinews.id, Tradisi Mosok di gelar oleh masyarakat Lampung. Tradisi ini masih dalam satu rangkaian dari upacara pernikahan. Mosok sendiri berarti suapan. (Instagram/nikitawillyofficial94)
Tradisi ini masih dalam bagian Bejuluk Baedok. Sedangkan Bejuluk Baedok yang merupakan pemberian gelar (Juluk-Adok) sesuai kesepakatan keluarga. (Instagram/melinathemua)
Tradisi mosok dalam rangka pemberian gelar adat kepada seseorang itu diberikan bagi yang baru saja menikah. (Instagram/nikitawillyofficial94)
Tradisi Mosok diawali dengan pembacaan Basmalah dan pujian untuk Nabi Muhammad. Setelah menjalani beberapa rangkaian diikuti kemudian diakhiri dengan kedua pengantin melemparkan premen atau kacang ke tamu undangan. (Instagram/nikitawillyofficial94)
Nikita tampak anggun dengan kebaya warna putih yang dikenakan. "Kain tapis & maduaro.," tulisnya sebagai salah satu keterangan foto yang dibagikan. (Instagram/nikitawillyofficial94)
Kain maduaro merupakan jenis kain sulam dari Provinsi Lampung yang berupa selendang penutup kepala Menggala. Selain tutup kepala, juga dikembangkan sebagai Kawai Rajo (Pakaian kebesaran para Penyimbang) pada upacara adat. (Instagram/melinathemua)

Tag Terkait