Dior Bawa Tema Baroque dalam Koleksi SS23 di Paris Fashion Week

Hilda Irach diperbarui 28 Sep 2022, 18:30 WIB
Untuk koleksi SS23 ini, direktur kreatif Maria Grazia Chiuri melihat ke masa pemerintahan Catherine de Medici (ratu Prancis dari tahun 1547-1559) dan menggunakan rok hoop, korset, dan sepatu platform era Baroque, yang ia kerjakan menjadi gaya modern. (Dok/DIOR).
Koleksi busana ini juga tidak meninggalkan ciri khas rumah mode Prancis yang feminine dan sophisticated, dengan ciri khas rok bervolume dengan bagian pinggang yang ketat. (Dok/DIOR).
Model-model berjalan di landasan pacu dalam balutan rok melingkar lebar berbentuk lonceng, celana pendek renda, dan mantel hitam panjang yang dilapisi bunga bersulam. (Dok/DIOR).
Bunga dan renda juga berlimpah, dengan bunga mekar muncul di bralette, paperbag-waist skirts, dan celana pendek bergelombang. (Dok/DIOR).
Bordir tiga dimensi tampak disematkan pada pakaian berenda halus, namun tetap menjaga modernitas. (Dok/DIOR).
Chiuri juga menggunakan kain dengan teknik khusus untuk rok crinoline dan membiarkan bagian perut terbuka untuk banyak penampilan. (Dok/DIOR).
Mengambil dari sejarah masa lalu Dior untuk koleksi ini, Chiuri juga tampak memberi penghormatan kepada salah satu mantan direktur kreatifnya: John Galliano, dengan menampilkan sepatu hak Mary Jane. (Dok/DIOR).
Sepatu hak ini menunjukkan kemiripan dengan bentuk pahatan yang dibuat Galliano untuk Dior pada tahun 2000-an. (Dok/DIOR).
Dior SS23 show ini turut dimeriahkan oleh bintang-bintang seperti Jisoo BLACKPINK, Rosamund Pike, Alexandra Daddario, Maggie Gyllenhaal, hingga Natalie Portman yang duduk di bagian depan. (Dok/DIOR).