Mozaik Kehidupan dalam Potongan-Potongan Busana yang Indah nan Romantis dari Koleksi Sebastian Gunawan Signature 2023/2024

Annissa Wulan diperbarui 20 Jul 2023, 10:30 WIB
Karya-karya Sebastian Gunawan memang selalu diilhami oleh kehidupan. Koleksi terbarunya kali ini, berbagai detail kehidupan kemudian disambung-sambungkan menjadi mozaik, ditarik, dan dikerut membantuk siluet. Foto: Document/Sebastian Gunawan.
Berbagai siluet tadi kemudian menjadi sebuah metafora. Gaun-gaun, mulai dari cocktail dress hingga evening dress, dihasilkan dari bahan seperti silk crepe, taffeta, jacquard, dan tulle. Foto: Document/Sebastian Gunawan.
Bahan-bahan tersebut diberi sentuhan ulang dengan teknik embroidery, pleats, fringe, frill, dan ornamentasi, menjadi bahan baru yang indah. Foto: Document/Sebastian Gunawan.
Berbagai motif floral pada bahan, dihiasi lagi dengan tambahan embroidery dan untaian fringe. Foto: Document/Sebastian Gunawan.
Motif bertekstur pada bahan jacquard diberi hiasan beads yang gemerlap. Foto: Document/Sebastian Gunawan.
Bahan-bahan polos diperkaya dengan ornamentasi dari guntingan bahan eco-leather, yang membentuk pola geometrik. Foto: Document/Sebastian Gunawan.
Sentuhan hasil kerja tangan savoir-faire atau know-how ini sudah menjadi penekanan desain pada setiap gaun Sebastian Gunawan Signature. Foto: Document/Sebastian Gunawan.
Pilihan warnanya diambil dari spektrum yang luas, mulai dari warna-warna terang seperti kuning, biru, merah, dikombinasikan dengan warna-warna elegan, seperti hitam dan putih, hingga glamor dari bahan-bahan-bahan bernuansa keemasan. Foto: Document/Sebastian Gunawan.
Gaun-gaun mini bersiluet fit di badan dan flair di sisi bawah dalam bentuk rok bersiluet lonceng. Bagian permukaannya diberi susunan lengkung vertikal yang membuat siluetnya menjadi lebih dramatis. Foto: Document/Sebastian Gunawan.
Satu suit jas dan celana panjang dibuat hybrid dengan rok lonceng bermotif tartan. Bagian atas gaun banyak berpotongan halter yang menonjolkan keindahan bahu. Foto: Document/Sebastian Gunawan.
Tapi ada juga potongan bahu tertutup dengan long coat, cape, jacket, atau sisi lengan bersiluet puff yang romantis. Foto: Document/Sebastian Gunawan.
Semua gaun diciptakan indah dan elegan. Sebastian Gunawan Signature ingin menyampaikan sikap positif dan optimis untuk setiap sisi kehidupan yang terlalui, menjadikannya sebagai satu metafora yang indah. Foto: Document/Sebastian Gunawan.
"Saya ingin coba mengartikan, menjawab pertanyaan tentang bagaimana fashion di Indonesia? Ini bukan tentang saya saja, ini tentang banyak pihak, melibatkan banyak aspek," ungkap Sebastian Gunawan ketika diwawancarai oleh Tim FIMELA. Foto: Document/Sebastian Gunawan.
Skyfall, lagu ciptaan Adele menjadi salah satu lagu yang diperdengarkan di sequence akhir gelaran Sebastian Gunawan Signature 2023/2024. "Skyfall," jawab Sebastian Gunawan ketika ditanya satu lagu yang paling menggambarkan koleksi Metaphor ini. Foto: Document/Sebastian Gunawan.