Cara Toton Memahami Perempuan Indonesia, Persembahan Indah 45 Rancangan yang Terinspirasi dari Kebaya

Annissa Wulan diperbarui 22 Jul 2023, 09:00 WIB
Pertanyaan yang menggelitik pikiran Toton ini akhirnya dikembangkan menjadi sebuah jawaban yang dituangkannya ke dalam koleksi TOTON 2024. Berbagai observasi dilakukan Toton, termasuk membuka foto kenangan keluarga, memperhatikan pakaian apa yang terlihat nyaman dipakai oleh eyang, ibu, dan keluarga besarnya. Foto: Document/TOTON.
Dari membuka album foto, Toton terbawa ke masa kecil saat bertemu sanak saudara, mengingat lagi apa yang mereka pakai, dan menjadikannya landasan konsep kreatif untuk koleksi yang kemudian ia beri nama 'Ingatan.' Foto: Document/TOTON.
"Saya ingat berbagai pakaian mereka berbukaan depan, dikaitkan dengan susunan bros berantai, ada yang berbahan renda, ada yang berbentuk baju kurung, dan semuanya terlihat nyaman," cerita Toton Januar saat ditemui oleh Tim FIMELA. Foto: Document/TOTON.
Koleksi 'Ingatan' ini terdiri dari 45 set rancangan, dipresentasikan dalam gelaran show di Grand Ballroom Hotel Mulia Senayan, Jakarta. Foto: Document/TOTON.
Rancangan ini mengacu pada semua aspek berpakaian masa lalu, termasuk formasi padanan kain, selendang, dan permainan aksesori. Foto: Document/TOTON.
Masing-masingnya dimodifikasi menjadi cropped top, vest, dropped shoulder, lengan bat wing, blouse dengan layer-layer, hingga gaun panjang. Foto: Document/TOTON.
Selendang sebagai bagian dari pelengkap penampilan formal masa dulu, dikembangkan menjadi sangat menarik, sesuai dengan eksperimentasi fashion modern. Foto: Document/TOTON.
Bahan yang dipakai 90% upcycle dari bahan-bahan yang tersimpan, kebanyakan berupa renda, lace dari gorden, lace dari table cloth, denim, dan sentuhan wastra berupa batik-batik vintage koleksi Toton Januar. Foto: Document/TOTON.
Pilihan warnanya ada di spektrum natural, skin tone, cokelat, hitam, keemasan dengan aksen semburat warna pink, ungu, dan seafoam green. Foto: Document/TOTON.
Presentasi koleksi 'Ingatan' ini juga merupakan debut dari keputusan Toton Januar untuk berproduksi hanya satu kali dalam setahun. Penekanannya lebih ke menampilkan gagasan fashion, agar orang terinspirasi untuk mau mencoba. Foto: Document/TOTON.
Sebelumnya, Toton Januar mengikuti sistem produksi sesuai musim, yaitu koleksi RTW spring/summer dan fall/winter, termasuk agenda berpameran di showroom di Paris untuk bertemu buyers, sembari memasukkan koleksi ke sejumlah butik multi-label di Jakarta. Foto: Document/TOTON.