Sukses

Beauty

Memahami 5 Jenis Kerutan pada Wajah dan Tips Mengatasinya

Fimela.com, Jakarta Tidak semua kerutan pada wajah sama, mereka memiliki beberapa jenis berbeda, tergantung dari penyebabnya. Dilansir dari newbeauty.com, Kamis (16/5/2019), berikut ini adalah beberapa jenis kerutan pada wajah dan cara mengatasinya, penasaran?

1. Kerutan ekspresi

Kerutan ini seringkali disebut sebagai garis senyum atau tawa, terlihat samar pada kulit. Kerutan ini muncul di area mana saja, tempat kamu sering membuat ekspresi, seperti sekitar mulut, antara alis, dan sudut luar mata.

Tidak banyak yang bisa dilakukan untuk mengatasi kerutan ekspresi, karena hampir tidak mungkin untuk tidak menggerakkan otot wajah, bukan? Atau kamu bisa melakukan botox sebagai cara paling efektif.

2. Kerutan elastis

Kerutan ini seringkali terbentuk di area pipi, bibir, dan leher. Cara terbaik untuk menghindari terbentuknya kerutan ini adalah menghindari paparan sinar matahari dan menggunakan tabir surya setiap hari.

Jenis kerutan ini adalah akibat langsung dari terlalu banyak terpapar sinar matahari. Kerusakan akibat sinar UV dapat menipiskan kulit dan menimbulkan garis halus, serta kerutan yang hanya bisa diatasi dengan laser.

3. Kerutan kompresi

Ini adalah jenis kerutan terbaru yang ditemukan, mereka bisa muncul di area leher dan dada di pagi hari setelah kamu bangun tidur. Ada yang hilang hanya dalam waktu sehari, lainnya bertahan lebih lama.

Kerutan ini muncul karena kamu menekan wajah ke bantal saat tidur. Untuk mengatasi kerutan ini, cobalah tidur telentang.

Kerutan gravitasi dan atrofi

4. Kerutan gravitasi

Ini adalah kulit yang kendur dan disertai dengan kerutan. Jenis yag satu ini biasanya muncul karena hilangnya kolagen dan elastin, baik karena proses penuaan alami atau kerusakan akibat paparan sinar matahari.

Cara terbaik untuk mengatasi kerutan gravitasi adalah dengan facelift. Atau jika kamu tidak berani operasi, perawatan frekuensi radio atau perawatan ultrasound terfokus, seperti ultherapy bisa membantu.

5. Kerutan atrofi

Kerutan atrofi adalah garis-garis yang dalam pada dahi dan muncul saat kamu mengerutkan alis. Seperti halnya dengan jenis kerutan lainnya, kerutan atrofi akan muncul ketika kulit kehilangan kolagen dan elastin.

Hidrasi dan perawatan kulit berkualitas dapat membantu memperlambat proses pembentukan kerutan atrofi. Cara terbaik untuk mengatasi kerutan atrofi adalah dengan filler.

Saksikan video menarik setelah ini

#GrowFearless with Fimela

Loading
Artikel Selanjutnya
Bukan Cuma Area Mata, Lindungi 3 Bagian Tubuh Lainnya yang Cepat Menua
Artikel Selanjutnya
3 Alasan yang Bikin Naik Pesawat Kini Terasa Bahagianya