Sukses

Beauty

Penyakit Menular Seksual: Syphilis (III)

Pada artikel sebelumnya, anda telah mengenal gejala-gejala syphilis yang terjadi pada stage pertama infeksi syphilis. Seperti yang sudah ladies ketahui, infeksi syphilis menginfeksi korbannya melalui tiga tahapan. Nah, sekarang mari simak bersama-sama informasi tentang gejala syphilis pada stage kedua.

Stage kedua atau secondary stage dari infeksi syphilis ditandai dengan tanda-tanda kemerahan pada kulit dan atau luka berbentuk bulat pada mulut, miss V, dan anus. Bercak kemerahan yang terlihat seperti tergores yang terdapat pada kulit tersebut bisa muncul pada satu area tubuh saja atau lebih.

Bercak pada kulit ini biasa muncul beberapa minggu setelah luka dari stage pertama telah diobati. Meskipun berwarna kemerahan, namun bercak pada kulit tersebut tidak terasa gatal. Bercak tersebut akan muncul pada telapak tangan atau telapak kaki. Namun, bercak ini akan terlihat berbeda jika muncul di bagian tubuh lain, seakan-akan disebabkan oleh infeksi penyakit lain.

Seperti dikutip dari laman cdc.gov, gejala infeksi syphilis lain pada stage kedua adalah luka yang besar berwarna keabu-abuan atau kemerah-merahan pada bagian tubuh yang lunak, seperti bibir, ketiak, atau selangkangan.

Tak hanya itu, demam, pembengkakan pada kelenjar limfa, sakit tenggorokan, rambut rontok, sakit kepala, penurunan berat badan, nyeri otot, dan kecapekan juga akan menyertai infeksi syphilis pada secondary stage ini.

Oleh: Pravianti Ayu Mirantiraras

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading