Sukses

Beauty

5 Rekomendasi Produk Skincare yang Ramah Lingkungan

Fimela.com, Jakarta Seiring berkembangnya zaman, dunia kecantikan semakin berkembang dan menciptakan banyak inovasi terbaru. Mulai dari brand makeup, skincare, hair care hingga body care.

Untuk memperingati hari Bumi atau Earth Day, yang akan diperingati tanggal 22 April 2021 mendatang, banyak brand kecantikan yang memproduksi produk-produk ramah lingkungan atau eco friendly.

Mulai dari brand kecantikan lokal dan luar negeri, banyak yang berkampanye tentang produk ramah lingkungan, dan mulai memproduksi produk skincare yang eco friendly. Beriku rekomendasi produk skincare yang ramah lingkungan, dilansir dari berbagai sumber:

Cara Memilih Produk Skincare Ramah Lingkungan

Produk skincare yang terbuat dari kandungan bahan organik, bukan berarti skincare tersebut yang ramah lingkungan. Karena produk yang ramah lingkungan, tidak hanya dilihat dari isi kandungan dalam produk tersebut.

Cara memilih produk skincare yang ramah lingkungan, yaitu dengan membaca label yang ada di kemasan produk tersebut. Produk skincare yang memiliki bendera merah, memiliki kandungan zat beracun dan karsinogenik, seperti paraben, yang bisa membahayakan kulit dan memicu kanker kulit.

Produk eco friendly biasanya tidak memiliki kandungan plastik atau polyethylene microbeads. Kandungan ini sering terdapat pada produk eksfoliator, namun tidak bisa larut dalam air, sehingga bisa menyebabkan sungai dan laut tersumbat.

Logo Produk Skincare yang Ramah Lingkungan

Tentu saja saat membeli produk skincare, kita harus memperhatikan logo pada kemasan. Ada beberapa logo yang dijadikan sebagai simbol produk ramah lingkungan. Berikut penjelasannya:

Logo Kelinci

Produk skincare yang memiliki logo kelinci atau yang disebut dengan leaping bunny, adalah produk skincare yang ramah digunakan. Karena produk tersebut tidak diuji coba pada hewan. Namun melakukan percobaan dengan kulit manusia dengan jangka waktu tertentu.

Green Dot dan Mobius

Logo green dot juga terdapat pada kemasan produk skincare yang ramah lingkungan. Logo ini memiliki arti bahwa kemasan produk tersebut bisa di daur ulang oleh perusahaan skincare tersebut, sehingga bisa menjaga pelestarian lingkungan. Sama halnya dengan arti logo mobius, yang produknya bisa didaur ulang kembali.

Ecocert

Logo yang terakhir adalah ecocert. Logo ini memiliki arti bahwa produk skincare tersebut, terbuat dari kandungan bahan alami yang ramah lingkungan.

Manfaat Produk Skincare yang Ramah Lingkungan

Tentu saja produk skincare yang ramah lingkungan, bisa membantu pelestarian lingkungan hidup, tidak menyebabkan pencemaran dan mengurangi dampak efek rumah kaca.

Selain itu, manfaat produk skincare ini bisa membantu mengatasi berbagai macam masalah kulit, karena memiliki kandungan yang terbuat dari bahan-bahan yang organik, seperti alga, ekstrak kedelai, ekstrak biji rami, kelapa, rosehip, aloe vera, centella asiatca, chamomile extract, argan dan lain sebagainya.

Produk-produk ini juga bisa digunakan untuk kulit yang sangat sensitif, karena memiliki kandungan vitamin A, C dan vitamin E, yang bisa melembapkan kulit, melembutkan tekstur kulit, menenangkan kulit yang meradang, mempercepat penyembuhan luka dan menghidrasi kulit.

Rekomendasi Produk Skincare yang Ramah Lingkungan

1. The Body Shop

Rekomendasi produk skincare yang pertama yaitu produk-produk dari brand The Body Shop, yang memiliki klaim ramah lingkungan atau eco friendly. Brand The Body Shop ini terbuat dari kandungan bahan herbal dan alami, yang tidak diuji coba pada hewan dan kemasannya dapat di daur ulang.

2. L’Occitane

Brand L'Occitane en Provence atau yang sering disebut L'Occitane, adalah brand yang mengeluarkan produk-produk skincare yang ramah lingkungan. Produk ini berasal dari negara Prancis yang sudah didirikan sejak tahun 1976. Produknya memiliki kandungan minyak yang di dapat dari bunga dan tumbuhan. Kemasan dari produk ini juga bisa di daur ulang.

3. Sukin

Sukin adalah brand yang berasal dari negara Australia. Produk skincare dari Sukin memiliki klaim 100% terbuah dari vegan dan cruelty free, yang aman digunakan untuk menyembuhkan berbagai macam masalah kulit.

4. Sensatia Botanicals

Negara Indonesia juga mengeluarkan produk skincare yang ramah lingkungan, yaitu produk skincare dari Sensatia Botanicals, yang berasal dari Bali. Kemasannya terbuat dari bahan yang natural, seperti kertas yang didaur ulang dan kandungannya dari bahan yang alami.

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Rekomendasi Skincare dan Makeup Lokal Unggulan di 10.10 Brands Festival
Artikel Selanjutnya
33 Kutipan The Chronicles of Narnia yang Inspiratif dalam Bahasa Inggris