Sukses

Beauty

5 Cara Menggunakan Lensa Kontak yang Benar

Fimela.com, Jakarta Lensa kontak adalah pengganti kaca mata yang bisa ditempelkan di kornea mata. Lensa kontak memiliki bentuk seperti bola mata, yang tipis dan cekung, serta memiliki warna yang beracam-macam.

Sama seperti kaca mata, lensa kontak bisa membantu penglihatan seseorang menjadi lebih jelas, seperti orang yang memiliki astigmatisma, rabun dekat atau rabun jauh. Lensa kontak juga bisa digunakan hanya untuk fashion saja.

Di zaman sekarang banyak orang lebih memilih menggunakan lensa kontak daripada kaca mata, karena lensa kontak lebih ringan di pakai dan praktis. Hanya saja Sahabat Fimela harus menyimpan dan menggunakan lensa kontak dengan benar, agar tidak mengiritasi mata. Berikut cara menggunakan lensa kontak yang benar, dilansir dari berbagai sumber:

Perbedaan Soft Lens dengan Hard Lens

Lensa kontak terdiri dari 2 jenis yaitu soft lens dan juga hard lens, yang bisa digunakan sebagai pengganti kaca mata, untuk membantu mata agar bisa melihat dengan jelas. Berikut perbedaan soft lens dan hard lens:

Soft Lens

Soft lens atau soft contact lenses adalah jenis lensa kontak yang bentuknya lunak. Lensa kontak ini terbuat dari plastik yang lembut, seperti silikon hidrogel, yang bisa membantu oksigen masuk menembus kornea. Jenis lensa ini bisa digunakan dalam waktu tertentu, seperti sebulan hingga 3 bulan, lalu dibuang setelah kadaluarsa. Soft lens memiliki berbagai macam warna dan model yang bisa mempercantik bola mata.

Karena soft lens sangat ringan dan lunak, maka akan nyaman jika digunakan untuk berolahraga. Namun soft lens sangat rentan terkena debu dan sangat mudah kering jika digunakan terlalu lama.

Hard Lens

Sedangkan hard lens atau rigid gas permeable contact lenses (RGPs) adalah lensa kontak yang bentuknya lebih keras, tetapi oksigen tetap bisa masuk ke dalam mata. Hard lens bisa digunakan dalam jangka waktu yang lebih lama daripada soft lens, dan bisa membuat penglihatan lebih tajam dari pada soft lens.

Hard lens juga memiliki berbagai macam warna yang bisa digunakan. Lensa kontak ini tidak mudah kering, lebih tahan lama dan perawatannya lebih mudah daripada soft lens.

 

 

Cara Menggunakan Lensa Kontak yang Benar

1. Bersihkan Lensa Kontak

Sebelum menggunakan lensa kontak, lebih baik cuci tangan terlebih dahulu. Lalu ambil lensa kontak di dalam wadah menggunakan tangan atau alat. Setelah itu bersihkan lensa kontak dengan air khusus untuk membersihkan lensa kontak.

2. Gunakan Jari Telunjuk

Jika lensa kontak sudah bersih, gunakan jari telunjuk untuk mengambil lensa kontak. Kamu juga bisa menyesuaikan dengan jari lainnya, yang penting nyaman dan mudah saat menempelkan lensa kontak ke dalam bola mata. Usahakan lensa kontak berbentuk U atau melengkung sempurna, dan jangan sampai lensa kontak terbalik.

3. Cek Lensa Kontak

Sebelum memasukkan ke dalam bola mata, pastikan lensa kontak benar-benar sudah bersih dan tidak ada yang rusak. Karena kalau ada debu yang menempel di lensa kontak, bisa membuat mata menjadi iritasi.

4. Membuka Kelopak Mata dengan Lebar

Saat memasukkan lensa kontak ke dalam bola mata, usahakan untuk membuka kelopak mata bagian atas dan bawah dengan jari telunjuk dan jari tengah, lalu tangan satunya memasukkan lensa kontak ke dalam mata. Setelah itu kedipkan mata, agar lensa kontak terpasang dengan sempurna.

5. Cara Menggunakan Saat Bermakeup

Kalau kamu menggunakan makeup, usahakan untuk menggunakan lensa kontak sebelum mengaplikasikan eye shadow. Karena lensa kontak bisa membuat riasan matamu jadi berantakan, kalau digunakan setelah memakai makeup.

Cara Merawat Lensa Kontak

Perawatan lensa kontak harus diperhatikan dengan benar, agar lensa kontak tidak mudah rusak dan tidak ada debu yang menempel. Untuk merawat lensa kontak, pastikan tangan dalam keadaan yang bersih.

Setelah itu copot lensa kontak yang ada di dalam mata, dengan cara membuka kelopak mata seperti saat memasangkan lensa kontak ke mata. Hati-hati saat mencubit lensa kontak dari mata, agar lensa kontak tidak sobek.

Kemudian cuci lensa kontak dengan cairan khusus pembersih lensa kontak, lalu gosok lensa kontak pelan-pelan dengan jari telunjuk. Setelah lensa kontak bersih, masukkan lensa kontak ke dalam wadah yang sudah diisi cairan khusus lensa kontak, tutup dengan rapat dan simpan di ruangan yang tidak lembap dan tidak terkena sinar matahari langsung.

Loading
Artikel Selanjutnya
5 Manfaat Teh Rooibos bagi Kesehatan, Minuman yang Kaya Antioksidan
Artikel Selanjutnya
5 Jenis Camilan Berprotein Tinggi dan Kaya Nutrisi yang Baik untuk Kesehatan Tubuh