Sukses

Beauty

9 Cara Mengatasi Jerawat Merah dan Hitam

Fimela.com, Jakarta Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang sering dialami mulai dari usia remaja maupun dewasa. Jerawat bisa membuat rasa percaya diri seseorang menurun, dan meninggalkan bekas jerawat yang tidak mudah untuk dihilangkan.

Bekas jerawat yang berwarna merah dan hitam, harus dirawat secara rutin agar warnanya memudar. Jerawat merah ini lebih mudah dihilangkan daripada jerawat hitam. Jerawat merah disebabkan karena adanya perubahan hormon, terkena paparan sinar matahari, stres dan memiliki kulit yang terlalu berminyak. Sedangkan jerawat hitam disebabkan karena kulit wajah yang berjerawat mengalami hiperpigmentasi kulit, yang menyebabkan produksi melanin bertambah, yang embuat jerawat berwarna hitam dan susah dihilangkan.

Untuk mengatasi jerawat merah dan hitam ini, Sahabat Fimela bisa melakukan perawatan kulit dengan menggunakan bahan alami, serta produk skincare yang mengandung bahan aktif. Berikut cara mengatasi jerawat merah dan hitam.

Cara Mengatasi Jerawat Merah dengan Bahan Alami

1. Tomat

Cara mengatasi jerawat merah yang pertama, yaitu menggunakan tomat. Kandungan vitamin A memiliki sifat sebagai antiinflamasi, yang bisa membantu menyembuhkan peradangan pada jerawat merah. Untuk itu, kamu bisa menggunakan tomat sebagai masker wajah.

2. Kunyit

Kunyit adalah bahan alami yang sering digunakan untuk mengatasi jerawat merah. Karena kunyit memiliki kandungan kurkumin yang memiliki sifat sebagai anti bakteri, sehingga bisa mempercepat penyembuhan jerawat dan mencegah munculnya jerawat baru. Kamu bisa menggunakan kunyit bubuk atau kunyit yang dihaluskan untuk dijadikan masker wajah.

3. Putih Telur

Bahan alami yang selanjutnya adalah putih telur. Di dalam putih telur memiliki kandungan enzim lysozyme, yang bisa menyamarkan bekas jerawat merah, mengangkat komedo dan menghaluskan tekstur wajah. Caranya, pisahkan putih telur dengan kuning telur. Lalu aplikasikan putih telur ke wajah dan diamkan sampai mengering.

 

Cara Mengatasi Jerawat Hitam dengan Bahan Alami

4. Lemon

Untuk menghilangkan bekas jerawat hitam, kamu bisa menggunakan air perasan jeruk lemon. Karena air perasan jeruk lemon memiliki kandungan yang kaya akan vitamin C dan antioksidan, sehingga bisa mempercepat penyembuhan jerawat dan mencerahkan bekas jerawat hitam di kulit.

5. Bawang Putih

Bahan alami yang selanjutnya adalah bawang putih. Bawang putih sangat efektif digunakan untuk mengatasi jerawat hitam. Caranya dengan menghaluskan bawang putih, lalu mengaplikasikannya ke area wajah yang berjerawat hitam, diamkan selama 15 menit dan bilas sampai bersih.

6. Lidah Buaya

Lidah buaya juga efektif untuk mengatasi jerawat hitam. Karena lidah buaya mengandung antioksidan dan antiinflamasi, yang bisa membantu mencegah hiperpigmentasi kulit, mencerahkan bekas jerawat dan membantu menenangkan peradangan pada kulit berjerawat.

Cara Mengatasi Jerawat Merah dan Hitam dengan Kandungan Bahan Aktif

7. AHA

Cara mengatasi jerawat merah dan hitam bisa dilakukan dengan kandungan bahan aktif. Kandungan bahan aktif Alpha Hydroxy Acids (AHA), mampu membersihkan pori-pori yang tersumbat, sehingga kulit wajah bebas dari komedo dan bakteri penyebab jerawat. Kandungan bahan aktif yang biasanya terdapat pada toner ini, juga berfungsi untuk mempercepat regenerasi kulit dan memudarkan bekas jerawat.

8. Retinoid

Bahan aktif retinoid adalah turunan dari vitamin A, yang bisa membantu menyamarkan bekas jerawat merah dan hitam. Kandungan ini biasanya terdapat dalam serum dan krim malam, yang bisa membantu menenangkan kulit yang meradang, mengeringkan jerawat dan mengontrol produksi minyak di wajah.

9. Salicylic Acid

Kandungan bahan aktif yang terakhir adalah salicylic acid. Kandungan ini berfungsi untuk membantu mengontrol produksi minyak, menyeimbangkan pH kulit, membantu proses regenerasi kulit dan mengatasi jerawat merah atau hitam.

PLAYLIST VIDEO 3 AGUSTUS 2021
Loading
Artikel Selanjutnya
50 Kata-kata Tentang Ikhlas yang Menentramkan Hati dan Pikiran
Artikel Selanjutnya
70 Kata-Kata Mutiara Bahasa Arab yang Bisa Dijadikan Semangat dan Motivasi