Sukses

Beauty

5 Penyebab Kantung Mata Menghitam yang Perlu Diketahui

Fimela.com, Jakarta Kantung mata hitam dianggap mengganggu penampilan dan merusak kepercayaan diri banyak orang, yang kemudian berusaha keras mengatasi permasalahan tersebut. Namun sering kali kita mengatasi permasalahan tapi tidak mengerti penyebab permasalahannya itu sendiri.

Ketidaktahuan tersebut bisa jadi akan mengantarkan kita pada solusi yang keliru. Seperti menggunakan produk sembarangan atau justru masih memelihara kebiasaan-kebiasaan buruk yang malah memperparah kondisi kantung mata.

Maka dari itu, menjadi penting untuk kamu tahu hal apa saja yang menyebabkan kantung mata menghitam agar kamu dapat menghindari atau mencegah kantung mata kembali menghitam. Dengan mengetahui penyebabnya, kamu juga bisa menentukan perawatan yang tepat untuk mengatasi kantung mata menghitam. 

Untuk itu, berikut Fimela.com kali ini akan mengulas 5 penyebab kantung mata menghitam yang perlu diketahui. Dilansir dari beragam sumber, simak ulasan selengkapnya di bawah ini. 

1. Terlalu Banyak Mengonsumsi Kafein

Hidup pada masa minuman kopi begitu sangat populer dan digilai hampir semua lapisan masyarakat membuat siapapun tertarik bahkan hobi minum kopi. Meskipun kopi membuat mata melek namun kebiasaan minum 4-5 cangkir kopi dalam sehari justru akan membuat tubuh kamu mengalami dehidrasi, cepat lelah, dan memengaruhi kondisi mata.

Kalau kamu tidak bisa mengurangi kafein, lebih baik mulai mengganti kopi dengan teh hijau tanpa gula karena banyak mengandung antioksidan yang baik untuk kesehatan kulit dan mampu membuat kulit tampak lebih cerah.

2. Malas Membersihkan Riasan Mata

Kamu orang yang suka make up tapi kerap kali malas untuk membersihkannya? Tahukah kamu kalau kebiasaan tersebut dapat menjadi penyebab munculnya lingkaran hitam di bawah mata.

Apalagi jika sering terjadi, tidak menutup kemungkinan akan semakin membuat kondisi di bawah mata akan semakin gelap. Maka dari itu, selalu bersihkan sisa-sisa riasan menggunakan cairan pembersih makeup atau air mawar yang segar. 

3. Kurang Tidur

Kurang tidur merupakan faktor yang paling dikenali orang sebagai penyebab kandung mata menjadi hitam. Hal ini karena kurang tidur dapat menyebabkan sirkulasi darah menjadi lebih lambat sehingga memicu lingkaran hitam di bawah mata.

Kamu bisa mengatasinya dengan waktu tidur yang cukup dan mengompresnya dengan air dingin supaya lebih rileks dan tidak semakin menghitam. Pastikan juga kamu memperbaiki jam tidur agar tidurmu menjadi lebih berkualitas. 

4. Kekurangan Cairan Tubuh

Kekurangan cairan tubuh tidak hanya berdampak pada tubuh saja, namun juga menyebabkan kantung mata menjadi menghitam. Saat tubuh kamu mengalami kekurangan cairan, bukan hanya rasa haus saja yang bisa timbul, namun hal tersebut juga bisa memicu tubuh terasa mudah lelah.

Salah satu anggota tubuh yang mudah merasa lelah adalah mata. Dehidrasi dapat membuat mata mudah merasa lelah, sehingga melebarkan pembuluh darah di sekitar mata yang membuat area mata menjadi hitam.

5. Paparan Sinar Matahari

Terakhir, penyebab kantung mata menghitam yang perlu kamu perhatikan adalah efek paparan sinar matahari. Disadari atau tidak, paparan sinar matahari akan membuat perubahan warna pada kulit dan dapat memunculkan tanda penuaan dini.

Salah satu cara untuk mencegah hal tersebut adalah dengan mengolesi tabir surya di bawah mata untuk melindunginya dari sinar matahari. Kamu juga bisa melakukan perawatan rutin dengan menggunakan masker mata agar kantung mata tidak cepat menghitam.

Sahabat Fimela, itulah beberapa hal yang menyebabkan kantung mata menghitam. Cara terbaik untuk menghilangkan kantung mata yang menghitam adalah dengan melakukan perawatan khusus mata, seperti menggunakan masker mata atau serum mata agar kantung mata dapat teratasi dan kulit di sekitar mata tetap sehat, segar, dan cerah. 

What's On Fimela
Loading